ANALISIS REFORMASI PENDIDIKAN PERSPEKTIF MUHAMMAD ABDUH

Keywords: reformasi pendidikan, muhammad abduh, pendidikan, reformasi, pembaharuan pemikiran, islam

Abstract

Muhammad Abduh, seorang pemikir dan reformis Muslim terkemuka, memiliki kontribusi signifikan terhadap pembaharuan pemikiran Islam pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Jurnal ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran pembaharuan Abduh, yang mencakup aspek pendidikan, hukum Islam, dialog antaragama, dan relevansinya dalam konteks kontemporer. Abduh menekankan pentingnya integrasi antara ilmu agama dan pengetahuan umum, mendorong ijtihad sebagai respons terhadap tantangan sosial dan hukum. Ia juga mempromosikan toleransi dan kerukunan antaragama dalam masyarakat yang beragam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan atau library research yang datanya bersumber dari buku dan artikel jurnal dengan teknik analisis datanya menggunakan tekniknya Miles & Huberman yakni reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran Abduh tetap relevan di era modern, khususnya dalam menciptakan generasi yang kritis, inovatif, dan mampu menjawab tantangan globalisasi. Melalui pendekatan yang progresif, Muhammad Abduh memberikan kerangka kerja yang penting bagi umat Islam dalam menjalani perubahan tanpa kehilangan identitas religius mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang kontribusi Abduh dalam pembaharuan Islam serta implikasinya bagi masa depan.

References

Akbar, Anillahi Ilham, And Abdul Kadir Riyadi. “Pertentangan Antara Wahyu Dan Akal Sebagai Al-Dakh Īl Dalam Tafsir : Kajian Terhadap Kitab Dar ’ Ta ‘ Ā Ru Ḍ Karya Ibn Taymiyah.” Qof: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir 6, No. 2 (2022): 267. Https://Doi.Org/10.30762/Qof.V6i2.300.
Am., Supriadi. “Konsep Pembaruan Sistem Pendidikan Islam Menurut Muhammad ‘Abduh.” Kordinat 14, No. 1 (2016).
Anwar, Syaiful, Muhammad Fauzi, Ahmad Yani, And Siswoyo Siswoyo. “‘Toleransi Dalam Pandangan Imam Mazhab Dan Ulama Kontemporer Perspektif Hukum Islam.’” Hutanasyah : Jurnal Hukum Tata Negara 1, No. 2 (2023): 117. Https://Doi.Org/10.37092/Hutanasyah.V1i2.530.
Borotan, Amrin. “Konsep Al-Qawamah Dalam Surat An-Nisa’ Ayat 34 Perspektif Keadilan Gender (Studi Pemikiran Muhammad ‘Abduh 1266-1323 H1849-1905 M).” Jurnal Hukumah: Jurnal Hukum Islam 5, No. 2 (2022).
Busyairi, Kusmin. Pembahasan Risalah Tauhid Karya Muhammad Abduh, 2016.
Darmawan, Budi, Eka Putra Wirman, Zainal, And Efendi. “Muhammad Abduh Reformasi Dan Purifikasi Intelektualitas Dunia Pendidikan Islam Tahun 1866-1905 M.” Al-Fikrah 3, No. 2 (2023).
Daulay, Maslina. “Inovasi Pendidikan Islam Muhammad Abduh.” Darul Ilmi 1, No. 1 (2013).
Hamlan. “Muhammad Abduh Tokoh Intelektual Dan Pembaharu Pendidikan Di Mesir.” Paedagogik, 2014.
Khairiyanto. “Pemikiran Jamaluddin Al-Afghani Dan Muhammad Abduh Serta Relasinya Dengan Realitas Sosial Di Indonesia.” Indonesian Journal Of Islamic Theology And Philosophy 1, No. 2 (2019).
Komaruzaman. “Studi Pemikiran Muhammad Abduh Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Di Indonesia.” Tarbawi 3, No. 1 (2017).
Kristianti, Novita, And Mukhsin Achmad. “Perkembangan Dan Tantangan Peradaban Islam Dalam Konteks Teknik Sipil.” Abhats: Jurnal Islam Ulil Albab 5, No. 1 (2024).
Manan, M. Azzam. “Pemikiran Pembaruan Dalam Islam : Pertarungan Antara Mazhab Konservatif.” Masyarakat Indonesia 1, No. 2 (2011).
Miswanto, Agus. Ushul Fiqh : Metode Ijtihad Hukum Islam Jilid 2, 2018.
Rasam. “Muhammad Abduh Dan Pemikiran-Pemikirannya.” Jurnal Uinsu 2, No. 1 (2021).
Rohman, Fatkhur. “Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh.” Raudhah 4, No. 1 (2016).
Rz. Ricky Satria Wiranata. “‘Konsep Pemikiran Pembaharuan Muhammad Abduh Dan Relevansinya Dalam Manajemen Pendidikan Islam Di Era Kontemporer (Kajian Filosofis Historis).’” Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, No. 1 (2019): 113. Https://Doi.Org/10.54396/Alfahim.V1i1.53.
Sakti, Teuku Abdullah T A. “Teologi Rasional : Pemikiran Muhammad Abduh.” R Paramita: Historical Studies Journal, 30(2), 2020 Iwayat: Educational Journal Of History And Humanities 1, No. 2 (2020).
Septiana, Elysa, And Khusniati Rofiah. “Dampak Dan Peranan Pemikiran Politik Tokoh Islam ( Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh Dan Muhammad Iqbal ) Terhadap Pembaruan Dunia Islam.” Amal: Journal Of Islamic Economic And Business (Jieb) 5, No. 1 (2019).
Suhaimi. “Muhammad Abduh Dan Ijtihadnya Dalam Bidang Pendidikan.” Jurnal Mudarrisuna 5, No. 1 (2015).
Published
2024-06-27
How to Cite
Kurniawan, K., & Junaidin, J. (2024, June 27). ANALISIS REFORMASI PENDIDIKAN PERSPEKTIF MUHAMMAD ABDUH. JEMARI : Jurnal Edukasi Mahasiswa Sunan Giri, 2(1), 50-59. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/jemari.v2i1.812
Section
Articles