TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PONDOK MODEREN BOARDING SCHOOL MTSN 1 KOTA BIMA
Abstract
This research aims to find out what the Islamic religious education learning system is like at MTsN 1 Bima City before and after the existence of the Boarding School. The method used in this research is a qualitative method. Collect data using observation, interview and documentation techniques. The research results show that the Boarding School was introduced because the school wanted its students to memorize the Al-Qur'an, as well as special training in several other fields. And this Boarding School has been running for 12 years, from this coaching students reap extraordinary results.
References
Anita Rinawati, Transformasi Pendidikan Untuk Menghadapi Globalisasi, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 3. No. 1, Juni 2015.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2016).
Djam’an Satori, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: ALFABETA, 2017).
Elihami Elihami, dan Abdullah Syahid, Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami, Jurnal Edumaspul, Volume 2 – Nomor 1, Februari 2018.
Etistika Yuni Wijaya, Dkk, Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global, Volume 1 Tahun 2016.
Hamidi, Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian, (Malang: UMM Press, 2004).
Mita rosaliza, Wawancara, sebuah interaksi komunikasi dalam penelitian kualitatif, ( jurnal ilmu budaya, Vol.11, no.2, 2015).
Mokh. Iman Firmansyah, Pendidikan Agama Islam : Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi, Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 17 No. 2 – 2019.
Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian ( Jakarta: Raja Grafindo Press,1995).
Syarifah Gustiawati Mukri, Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren, Electronic Journalis of UIKA (Universitas Ibn Khaldun).
WELLZONI PRASTYA, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Di Sma Negeri 1 Kota Bengkulu, ( BENGKULU; IAIN, 2020).