Sosialisasi Moderasi Beragama Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Program KKN Desa Raba, Bima

  • Irwan Supriadin STIT Sunan Giri Bima
  • Muhammad Irfan STIT Sunan Giri Bima
  • Badrun Badrun Mahasiswa Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima
  • Soni Harsono Mahasiswa Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima
  • Miranda Miranda Mahasiswa Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima
  • Fira Yuniar Mahasiswa Prodi PGMI STIT Sunan Giri Bima
  • Nuryanti Nuryanti Mahasiswa Prodi PGMI STIT Sunan Giri Bima
  • Hamsyah Hamsyah Mahasiswa Prodi PGMI STIT Sunan Giri Bima
  • Yeni Yeni Mahasiswa Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima
  • Nurlita Nurlita Mahasiswa Prodi PGMI STIT Sunan Giri Bima
  • Dinatul Munawara Mahasiswa Prodi PGMI STIT Sunan Giri Bima
  • Sunandi Sunandi Mahasiswa Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima
  • Nur Asia Labuk Mahasiswa Prodi PGMI STIT Sunan Giri Bima
  • Rosmiati Rosmiati Mahasiswa Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima
Keywords: Moderasi Beragama, Integrasi Nilai-Nilai Keislaman, Program KKN

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) memiliki peran strategis dalam pemberdayaan masyarakat, termasuk dalam upaya sosialisasi moderasi beragama melalui integrasi nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan dampak sosialisasi moderasi beragama yang dilakukan melalui program KKN di Desa Raba, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi mahasiswa KKN, tokoh agama, serta masyarakat setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi moderasi beragama dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti diskusi lintas agama, pengajian tematik, pelatihan toleransi berbasis nilai Islam, serta penguatan peran tokoh agama dalam membangun harmoni sosial. Dampak program ini terlihat pada peningkatan pemahaman masyarakat terhadap konsep moderasi beragama, penguatan sikap toleransi antar masyarakat, serta terbentuknya budaya dialog dalam menyikapi perbedaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai keislaman dalam sosialisasi moderasi beragama melalui program KKN mahasiswa posko II STIT Sunan Giri Bima efektif dalam membangun kesadaran keberagamaan yang inklusif.

References

Aminuddin, M. Y. (2019). Perubahan Status Kelembagaan pada Perguruan Tinggi Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Indonesia. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1).
Andri Prastiw, Faisal, S. E., Yuyetta, Sari, & Akt, C. A. (2024). Manajemen Impresi Dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Cahya Ghani Recovery.
Cahyani, A., Nurhaningsih, T., Karnati, N., & Rahmawati, D. (2024). Kuliah Kerja Nyata Sebagai Implementasi Pendidikan Berbasis Masyarakat di Perguruan Tinggi. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(2).
Delliana, S. (2021). Bingkai Kehidupan Janda Meneropong dari Kacamata Dramaturgi. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(2).
Fathoni, T. (2024). Konsep Solidaritas Sosial Dalam Masyarakat Modern Perspektif Émile Durkheim. Journal of Community Development and Disaster Management, 6(2).
Haris, M. A. (2020). Pandangan dan Konsep Deradikalisasi Beragama Perspektif Nahdlatul Ulama (NU). Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(2).
Hidayati, A. (2020). Internalisasi nilai moderasi beragama melalui pendidikan agama Islam untuk para Z generation. Guepedia.
Kambuaya, B. (2020). Menembus badai kepemimpinan (Vol. 1). Sah Media.
Kartika, M., Khoiri, N., Sibuea, N. A., & Rozi, F. (2021). Learning by doing, training and life skills. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 1(2).
Kopong, K. (2021). Menalar Hubungan Agama, Pancasila Dan Negara Dalam Membangun Moderasi Beragama Di Era Disrupsi Digital. Atma Reksa: Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 6(1).
Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Lase, J. F., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip, K. (2024). Pendidikan karakter Gen Z di era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lele, G. (2024). Kebijakan Publik Untuk Transformasi Sosial: Sebuah Pendekatan Kritis-Agonistik. UGM PRESS.
Muhtarom, A., Fuad, S., & Latif, T. (2020). Moderasi beragama: konsep, nilai, dan strategi pengembangannya di pesantren. Yayasan Talibuana Nusantara.
Pauji, R. R., Khairani, A. S., Fadzlulloh, M., & Ananta, A. (2024). Inovasi dan Tantangan dalam Pengembangan Posyandu Selama Program KKN di Desa Sukamaju: Inovasi dan Tantangan dalam Pengembangan Posyandu Selama Program KKN di Desa Sukamaju. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 5(1).
Pratama, T. A., & Harahap, N. S. (2024). Pola Implementasi Moderasi Beragama Dalam Konteks Heterogenitas Agama (Analisis Desa Namo Bintang di Kecamatan Pancur Batu). Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (JISA), 7(2).
Purba, S. A. A. D., Wulandari, F., Setiawan, H., & Zainun, Z. (2023). Peran mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam bidang pendidikan di SDN 091422 Bahbutong II Sidamanik. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4).
Rofiq, M. (2024). Strategi Komunikasi Dakwah Melalui Public Speaking KH. Abdul Ghofur Lamongan Jawa Timur. JADID: Journal of Quranic Studies and Islamic Communication, 4(02).
Sakti, M. D. A. B., & Mu’tasyim, H. (2021). Dampak Sekulerisme Dalam Perkembangan Sains Sosial (The Impact Of Securalism In The Development Of Science Social). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3(1).
Shohib, M., Al Masithoh, S., & Al-Ghifari, F. H. (2024). Ukhuwah Islamiyah dan Interaksi Harmonis Antarumat Beragama di Indonesia: Kajian Tafsir Ayat-Ayat Ukhuwah dalam Al-Qur’an. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 7(2).
Siswadi, G. A., Candrawan, I. B. G., & Puspadewi, I. D. A. (2024). Membangun Nilai-nilai Moderasi Beragama di Tengah Masyarakat Plural: Sebuah Pendekatan Filsafat Agama. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 29(2).
Susanti, S. (2022). Moderasi beragama dalam masyarakat multikultural. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(2).
Syarifuddin, S., Anggraini, L., & Fauzia, F. A. (2021). Relevansi Pemikiran Paulo Freire dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 6(1).
Tobondo, Y. A. (2025). Manajemen Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(3).
Wafi’Azizah, N. A., & Sahri, I. K. (2024). Konsep Teologi Pendidikan Islam Perspektif Ismail Raji Al-Faruqi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3).
Yasmin, N. K., Tsaqif, M. D., & Lubis, A. C. (2024). Sejarah Serta Settingan Sosial Dan Politik Al-Ghazali, Ibn Taimiyah & Ibn Khaldun. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(7).
Yuminah. (2024). Moderasi beragama Dalam Bingkai Kebinekaan. Republika Penerbit.
Zahra, A. S., Widad, S., Salsabila, I. A., & Bakar, (2024). Integrasi Tarbiyah, Talim Dan Ta’dib: Pilar Utama Pendidikan Islam. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(6).
Published
2024-12-30
Section
Articles