SOSIALISASI MODERASI BERAGAMA MELALUI INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PROGRAM KKN DESA RABA, BIMA
Abstract
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) memiliki potensi besar sebagai sarana pembinaan masyarakat, khususnya dalam penguatan spiritual melalui integrasi nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses integrasi nilai-nilai keagamaan melalui program KKN dan dampaknya terhadap spiritualitas masyarakat Desa Raba Kecamatan Wawo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi mahasiswa KKN, tokoh agama, dan masyarakat setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai keagamaan dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti ceramah keagamaan, diskusi kelompok, praktik ibadah bersama, dan pelatihan berbasis spiritual. Dampak program ini terlihat pada peningkatan partisipasi masyarakat dalam kegiatan keagamaan, penguatan hubungan sosial berbasis nilai-nilai Islam, serta perubahan perilaku individu menuju kehidupan yang lebih religius. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai keagamaan dalam program KKN mahasiswa posko II STIT Sunan Giri Bima efektif dalam membangun spiritualitas masyarakat. Saran diberikan kepada perguruan tinggi untuk menjadikan tema keagamaan sebagai prioritas dalam program KKN, serta kepada masyarakat untuk melanjutkan program keagamaan secara mandiri. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pelaksanaan KKN di masa mendatang dan pengembangan model pemberdayaan masyarakat berbasis nilai keagamaan.
References
Bantas, Maria Goretty D, Agnes Pendy, Juwita Merdja, ‘Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Untuk Proses Pembelajaran Matematika’, Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1.2 (2018)
Cahyani, Apreriri, Tuti Nurhaningsih, Netti Karnati, Desi Rahmawati, ‘Kuliah Kerja Nyata Sebagai Implementasi Pendidikan Berbasis Masyarakat Di Perguruan Tinggi’, Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2.2 (2024)
Damayanti, Annisa Indah, Muhammad Fitrah Raffi Akbar, Suparmi Suparmi, ‘Manfaat dan Tantangan Kkn Sebagai Wadah Pengembangan Diri dan Pengabdian Kepada Masyarakat’, Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1.10 (2024)
Fathy, Rusydan, ‘Modal Sosial: Konsep, Inklusivitas dan Pemberdayaan Masyarakat’, Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6.1 (2019)
Futaqi, Sauqi, Pendidikan Islam Multikultural: Menuju Kemerdekaan Belajar (lamongan: Nawa Litera Publishing, 2023)
Hamdan, Hamdan, Sugiyono Purnomo, Rizki Febriansyah, Nesi Purnama Sari, Levia Afani, and Kamalat Azaliah, ‘Pengabdian Berbasis Masjid: Meningkatkan Kesejahteraan dan Religiusitas Desa Keban Agung’, ASPIRASI: Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2.5 (2024)
Lubis, Ira Lestari, and Manshuruddin Manshuruddin, ‘Implementasi Nilai Karakter Melalui Pendidikan Agama Dan Kemuhammadiyahan Di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Deli Serdang’, JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8.3 (2023)
Qorib, Fathul, ‘Tantangan dan Peluang Kolaborasi Antara Perguruan Tinggi Dan Masyarakat Dalam Program Pengabdian di Indonesia’, Journal of Indonesian Society Empowerment, 2.2 (2024)
Saihu, Saihu, ‘Pendidikan Pluralisme Agama: Kajian Tentang Integrasi Budaya Dan Agama Dalam Menyelesaikan Konflik Sosial Kontemporer’, Jurnal Indo-Islamika, 9.1 (2019)
Sari, Meiliza, ‘Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Dan Etika Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar’, Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1.1 (2023)
Solikin, S, ‘Pemikiran Pendidikan Nurcholish Madjid’, IKLILA: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 4.1 (2021)
Susanti, Lidia, Eva Handriyantini, and Amir Hamzah, Guru Kreatif Inovatif Era Merdeka Belajar (yogyakarta: Penerbit Andi, 2023)
Syahroni, Said Ali, Ferri Irawan, ‘Suluk Dan Transformasi Diri: Pendekatan Spiritual Dalam Kehidupan Budaya Melayu Baru’, Jurnal Tapak Melayu, 1.02 (2024)
Al Umar, Ahmad Ulil Albab, Anava Salsa Nur Savitri, and Yolanda Sryta Pradani, ‘Peranan Kuliah Kerja Nyata sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Iain Salatiga KKN’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1.01 (2021)
Wahid, Latiful, ‘Peran Guru Agama dalam Menanamkan Kesadaran Sosial Pada Siswa di Sekolah Menengah’, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6.2 (2023)
Waruwu, Elfin Warnius, and Mozes Lawalata, ‘Membangun Masyarakat Digital Yang Beretika: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Kristen di Era Teknologi Digital 5.0’, Didache: Journal of Christian Education, 5.1 (2024)
Zulkarnain, Lutfi, Didin Hafidhuddin, and Budi Handrianto, ‘Pendidikan Akhlak di Perguruan Tinggi Islam Sebagai Bekal di Dunia Kerja’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12.01 (2023)
Copyright (c) 2024 Irwan Supriadin, Muhammad Irfan, Muhammad Akbar, Nurlaila, Idhar, Badrun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.