PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI BERMUATAN NILAI KARAKTER UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Siti Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
  • Asep Rudi Nurjaman Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
Keywords: Penelitian D&D, Pengembangan Modul Pembelajaran, Pembelajaran

Abstract

ABSTRACT

This research is based on the need for attractively packaged teaching materials to be used by fourth grade elementary school students as a supporter of the learning process so as to create independent learning. Based on this, the purpose of this study is to describe and develop a product, namely a learning module that is suitable for use. The research method used is the D&D (Design and Development) research method using the ADDIE research procedure (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). For the validation of this Social Studies learning module, it involves experts consisting of material experts, linguists, and media experts as well as assessments from teachers and students. The results of product assessment by material experts get a value of 97.36% in the "very feasible" category, the results of product assessment by linguists get a value of 91.66% in the "very feasible" category, and the results of product assessment by media experts get a value of 95.58 % with the category "very decent". In a limited field trial conducted at SDN Pangsor, the results of the product assessment by students got a score of 99% in the "very feasible" category and the results of the product assessment by the teacher got a score of 95% in the "very decent" category. Therefore, the social studies learning module that has been developed by this researcher is very suitable for use for fourth grade elementary school students in supporting the learning process.

 

 

 

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini didasarkan atas perlunya bahan ajar yang dikemas secara menarik untuk  digunakan oleh siswa kelas IV sekolah dasar sebagai penunjang proses pembelajaran sehingga mampu menciptakan kemandirian belajar. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengembangkan suatu produk yaitu modul pembelajaran yang layak digunakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian D&D (Design and Development) dengan menggunakan prosedur penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Untuk validasi modul pembelajaran IPS ini melibatkan para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media serta penilaian dari guru dan siswa. Hasil penilaian produk oleh ahli materi mendapatkan nilai 97,36% dengan kategori “sangat layak”, hasil penilaian produk oleh ahli bahasa mendapatkan nilai 91,66% dengan kategori “sangat layak”, dan hasil penilaian produk oleh ahli media mendapatkan nilai 95,58% dengan kategori “sangat layak”. Pada uji coba lapangan terbatas yang dilakukan di SDN Pangsor, hasil penilaian produk oleh siswa mendapatkan nilai 99% dengan kategori “sangat layak” dan hasil penilaian produk oleh guru mendapatkan nilai 95% dengan kategori “sangat layak”. Maka dari itu, modul pembelajaran IPS yang telah dikembangkan oleh peneliti ini sangat layak digunakan untuk siswa kelas IV sekolah dasar dalam menunjang proses pembelajaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arlyanti, Kosasih, & Apriliya, Pemilihan Bahan Ajar Cerita Anak Berdasarkan Karakteristik Siswa SD, Pedadikta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, No. 1 Vol. 5 Th. 2018, h. 221-231.
Daryanto, Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013), Yogyakarta: Gava Media, 2014.
Dimyati & Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Dolong, H, Teknis Analisis dalam Komponen Pembelajaran, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, No. 2 Vol. 5, Th. 2016, h. 293-300.
Ernalis, Syahruddin & Abidin, Pengembangan Model Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Model Pembelajaran yang Berorientasi pada Pendidikan Karakter, Jurnal Pendidikan Dasar, No. 1 Vol. 5, Th. 2016, h. 1-10.
Estuwardani & Ali, Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-Integratif dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Karakter, No. 2 Vol. 5, Th. 2015, h. 157-172.
Faishol, R, Pengembangan Paket Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV Menggunakan Model Dick, Carey & Carey di SD Negeri 2 Tamanagung, Jurnal Tarbiyatuna, No. 2 Vol. 2, Th. 2018, h. 31-49.
Halimah, L, Keterampilan Mengajar sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad Ke-21, Bandung: Refika Aditama, 2017.
Jampel, Tegeh & Pudjawan, Model Penelitian Pengembangan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.
Marhayani, D, Pembentukan Karakter melalui Pembelajaran IPS, Jurnal Edunomic, No. 2 Vol. 5, Th. 2017, h. 67-75.
Madona & Yulfia, Pengembangan IPS Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa SD Kelas IV Sekolah Dasar, Jurnal Pelangi, No. 2 Vol. 8, Th. 2016, h. 221-228.
Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Purwono, Urip, Standar Penilaian Bahan Ajar, Jakarta: BSNP, 2008.
Richey, R.C & Klein, J.D, Design and Development Research Methodes, Strategies, and Issues. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associattes, inc, 2007.
Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenadamedia group, 2018.
Rustini, T, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, No. 1 Vol. 3. Th. 2012.
Septianti & Rara, Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, No. 1 Vol. 2, Th. 2020, h. 7-17.
Stewig, J.W, Children’s Preference in Picture Book Illustration, Education Leadership Journal, No. 2 Vol 3, Th. 2013, h. 273-279.
Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran, Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani, 2012.
Susilawati, dkk, Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, No. 1 Vol. 12, Th. 2020, h. 62-68.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyuningtyas, Penggunaan Modul Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan, No. 1 Vol. 2, Th. 2017, h. 8-9.
Wati, dkk, Analisis Kebutuhan Terhadap Bahan Ajar Game Based Learning Terintegrasi Karakter Kreatif. Jurnal Pendidikan Karakter, No. 2 Vol. 10, Th. 2020, h. 182-183.
Published
2021-12-31
How to Cite
Nurjanah, S., Rustini, T., & Nurjaman, A. (2021, December 31). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI BERMUATAN NILAI KARAKTER UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Fashluna: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 2(2), 92-102. Retrieved from http://ejournal.stitbima.ac.id/index.php/fashluna/article/view/328
Section
Articles