MEDIA APLIKASI COMICA SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA MI/SD

  • Irma Indriani STIT Sunan Giri Bima
Keywords: comica, aplikasi pembelajaran, media pembelajaran

Abstract

ABSTRACT : This study aims to obtain data on the extent to which the increase in student interest in learning after the use of comica application-based learning media in students. The type of research used in this research is the Design & Development (D&D) method with a qualitative approach. This research was conducted at the STIT Sunan Giri Bima Campus. The subjects in this study were third semester PGMI study program students in the 2023/2024 academic year. Techniques in collecting data in this study are direct observation and questionnaires. Observing the object of research during learning takes place to find out the student's response after using comic learning media while giving questionnaires is done to find out student interest after using comic learning media. Then filling out the questionnaire is done after students have completed lectures for one semester with 4 face-to-face sessions using comic learning media. The data analysis technique used in this study is to use narrative analysis to directly examine the problems contained in the data as well as to find out to obtain data on the extent to which the increase in student interest in learning after the use of comica application-based learning media in students during the lecture process. Based on the results of observations in this study, it was found that comica application-based learning media in MI / SD science learning courses can increase interest in learning and based on the results of filling out questionnaires, it shows that the response is very high around 90% of students who agree to use comic media.

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data sejauh mana peningkatan minat belajar mahasiswa setelah penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi comica pada mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Desain & Development (D&D) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus STIT Sunan Giri Bima. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi PGMI semester III pada tahun akademik 2023/2024. Teknik dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah pengamatan langsung dan pemberian angket. Mengamati objek penelitian pada saat pembelajaran berlangsung untuk mengetahui respon mahasiswa setelah digunakan media pembelajaran komik sedangkan pemberian angket dilakukan untuk mengetahui minat mahasiswa setelah digunakan media pembelajaran komik. Kemudian pengisian angket dilakukan setelah mahasiswa selesai melakukan perkuliahan selama satu semester dengan 4 kali tatap muka menggunakan media belajar komik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis naratif untuk meneliti langsung permasalahan yang terkandung dalam data sekaligus untuk mengetahui untuk memperoleh data sejauh mana peningkatan minat belajar mahasiswa setelah penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi comica pada mahasiswa selama proses perkuliahan. Berdasarkan hasil pengamatan pada penelitian ini didapatkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi comica pada mata kuliah pembelajaran IPA MI/SD dapat meningkatkan minat belajar dan berdasarkan hasil kuesioner pengisian angket menunjukkan bahwa responnya sangat tinggi sekitar 90% mahasiswa yang setuju menggunakan media komik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah, S. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka., 2018.

Artha, R. S and et.al. “E-Comic: Media for Understanding Flood Disaster Mitigation in Early Childhood Education.” JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini 14 (2) (2020). https://doi.org/10.21009/JPUD.142.12.

Asih, Riyanti, Burhan Nurgiyantoro, and Maman Suryaman. “The Use of Cartoon Film Media in Narrative Writing Skills for Elementary School Students.” Atlantis Press - Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 619 (November 2020): Yogyakarta.

Aulia, Jannatul, Zarkasih Zarkasih, and Theresia Lidya Nova. “Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Komik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP.” Journal of Natural Science and Integration 3, no. 1 (2020): 70–76.

Chen, L., & Wu, M. “Utilizing Comica for Science Education: A Study on Student Engagement and Learning Outcomes.” Journal of Science Education and Technology 25(4) (2020): 389–402.

Dewi, Azzah Kurnia, Sri Maria Puji Lestari, and Vira Sandayanti. “Can self-efficacy have a role in learning interest.” Psikostudia : Jurnal Psikologi 12, no. 2 (July 4, 2023): 302. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v12i2.10829.

Emilia, Emilia, Ratnawati Ratnawati, and Muhammad Subhan. “Pengembangan Media Komik Untuk Pembelajaran IPA Tema Berbagai Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 8259–67.

Firdayani, Choirika Ulfa, Hari Sunaryo, and Lia Angela Rosalia. “Penerapan Model Pembelajaran PjBL Berbantuan Media Aplikasi Comica Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas V.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 1 (2023): 2141–53.

J. Ellis, Timothy, and Yair Levy. “A Guide for Novice Researchers: Design and Development Research Methods,” 107–18, 2010. https://doi.org/10.28945/1237.

jufri AP, Wahyu Kurniati Asri, Misna MannahalI. Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan Dan Metode Yang Efektif. Yogyakarta: CV Ananta Vidya, 2023.

Kim, Y., & Choi, J. “Engaging Students through Digital Comics: The Case of Comica in Language Learning.” Journal of Computer-Assisted Language Learning 15(2) (2022): 120–35.

Kristiyanto, D., & Rahayu, T. S. “Development of Comic Media on Learning Theme 7 Sub- Theme 4 In Third Grade Elementary Schools.” International Journal of Elementary Education, 4 (2020): 530–36.

Lutfi, Moh. “Pengaruh Penggunaan Media Comic Life Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sd Negeri Karangjunti 03 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes.” JGuruku: Jurnal Penelitian Guru 1, no. 2 (2023).

https://journal.fkip.uniku.ac.id/JGuruku/article/view/223.

Mawan, M, and Wulandari W. “Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) Dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi.” Jurnal PANCAR 2(1) (2018): 121–31.

Nafala, N.M. “Implementasi Media Komik Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains 3(1) (2022). https://doi.org/10.55210/al-fikru.v3i1.571.

Priscilla Josierra Liora, Rindiani, Ahmad Yani T, and Nadya Febriani Meldi. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Ipk Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Tanjungpura.” Satya Widya 39, no. 2 (January 2, 2024): 106–17. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p106-117.

Rohani, Alia, and Nirwana Anas. “Pengembangan Media Komik Dengan Menggunakan Aplikasi Comic Page Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 4 (2022): 1287–95.

Saputro, Anip Dwi. “Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran.” Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman 5, no. 1 (2016): 1–19.

Senjaya, Rizki Purwatresna. “Pengembangan Media Komik Digital (MEKODIG) Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia 1, no. 2 (2022): 99–106.

Siregar, Ayub, and Dewi Irmawati Siregar. “Analisis Evaluasi Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar.” Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) 2, no. 1 (2021). https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jasisfo/article/download/3342/1432.

Sugiarty, Henny, Asdar Asdar, and Andi Hamsiah. “Pemanfaatan Aplikasi Comica Dan Dampaknya Terhadap Minat Dan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar.” Bosowa Journal of Education 4, no. 2 (June 30, 2024): 304–12. https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4465.

Suryadi, Ahmad. Teknologi Dan Media Pembelajaran. 2nd ed. Sukabumi: CV Jejak, 2020.

Wahab, Abdul, and dkk. Media Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.

Wicaksono, Anggit Grahito, Jumanto Jumanto, and Oka Irmade. “Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Premiere Educandum 10, no. 2 (2020): 522537.

Wulandari, Luh Putu Mekar, and Ni Wayan Suniasih. “Media Komik Literasi Berbasis Kontekstual Materi Hak Dan Kewajiban Muatan PPKn Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 5, no. 1 (April 22, 2022): 33–41. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.45286.
Published
2024-09-29
How to Cite
Indriani, I. (2024, September 29). MEDIA APLIKASI COMICA SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA MI/SD. FASHLUNA, 5(2), 64-73. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fashluna.v5i2.683
Section
Articles