USIA EMAS PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK
PERAN STRATEGIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM RENTANG USIA 3–12 TAHUN DI MI AL-ITTIHAD
Abstract
Social development in children aged 3 to 12 years is an important stage in a child's life that affects their ability to interact with their surroundings, such as family, peers, and society. This study aims to analyze the stages of social development in children aged 3 to 12 years, as well as the factors that influence this development. At ages 3–5, children begin to exhibit parallel and associative play behaviors, where they begin to interact with peers, although not fully cooperatively. At ages 6–8, the abilities to share, cooperate, and empathize begin to develop, while at ages 9–12, children enter a stage of more mature social relationships with better communication skills and the ability to form more complex friendships. The purpose of this study is to explore the influence of internal and external factors, such as parenting styles, formal education, and social interactions, on children's social development. This study examines how children develop social skills from early childhood to elementary school age, as well as the challenges faced in supporting healthy social development. This study is expected to provide broader insights for educators and parents in supporting children's optimal social growth.
Abstrak
Perkembangan aspek sosial pada anak usia 3 hingga 12 tahun merupakan tahap penting dalam kehidupan anak yang memengaruhi kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar, seperti keluarga, teman sebaya, dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan perkembangan sosial anak pada usia 3 hingga 12 tahun, serta faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan tersebut. Pada usia 3–5 tahun, anak mulai menunjukkan perilaku permainan paralel dan asosiatif, di mana mereka mulai berinteraksi dengan teman sebaya meskipun tidak sepenuhnya kooperatif. Pada usia 6–8 tahun, kemampuan berbagi, bekerja sama, dan berempati mulai berkembang, sedangkan pada usia 9–12 tahun, anak memasuki tahap hubungan sosial yang lebih matang dengan keterampilan komunikasi yang lebih baik dan kemampuan membentuk persahabatan yang lebih kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam mengenai pengaruh faktor internal dan eksternal, seperti pola asuh orang tua, pendidikan formal, dan interaksi sosial, terhadap perkembangan sosial anak. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana anak mengembangkan keterampilan sosial dari usia dini hingga usia sekolah dasar, serta tantangan yang dihadapi dalam mendukung perkembangan sosial yang sehat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas bagi pendidik dan orang tua dalam mendukung pertumbuhan sosial anak secara optimal.
Downloads
References
Handayani, Sri Wuri, IB Surya Manuaba, Luh Ayu Tirtayani, and Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. “Pengaruh Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B2 Di TK Ganesha.” Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha 6, no. 3 (2018): 353–62.
Hasan, Mohammad Tholhah. “Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Keluarga Jakarta.” Mitra Abadi Press, 2009.
Islamiyati, Islamiyati, Mia Anita Lestari, Fredericksen Victoranto Amseke, Vallahatullah Missasi, Riza Fitriana, Raidah Hanifah, Nurhidayati Nurhidayati, Taty Fauzi, Hidayat Hidayat, and Bayu Indra Utama. Psikologi Perkembangan Dan Pengasuhan Anak. Eureka Media Aksara, 2024. https://repository.penerbiteureka.com/publications/585493/psikologi-perkembangan-dan-pengasuhan-anak.
Khairiah, Dina. “Assesmen Perkembangan Sosio-Emosional Anak Usia Dini.” Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini 1, no. 2 (2018): 1–22.
Lestari, Astri Ajeng, Edi Hendri Mulyana, and Dindin Abdul Muiz. “Analisis Unsur Engineering Pada Pengembangan Pembelajaran Steam Untuk Anak Usia Dini.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 1, no. 4 (2020): 211–25.
Nikmah, Faziadatun, Umi Anugerah Izzati, and Eko Darminto. “Penerapan Metode Bermain Peran Berbasis Profesi Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama 8, no. 1 (2022): 295–308.
Nurdjaya, Malahayati, Iis Indriayani, Nina Mardiana, Septi Fitrah Ningtyas, Nur Afni, Alhara Yuwanda, Lia Amalia, Ida Arimurti Sanjiwani, Fauziah Rudhiati, and Friska Realita. Kesehatan Ibu Dan Anak. Eureka Media Aksara, 2023. https://repository.penerbiteureka.com/publications/566917/kesehatan-ibu-dan-anak.
Nurjaya, I. Gede, and I. Wayan Widiana. “The Study of Indonesian Language Learning in Elementary Schools: Student Interaction and Learning Style.” Journal of Psychology and Instruction 5, no. 2 (2021): 55–66.
Papalia, Diane E. “Sally Wendkos Olds., Dan Ruth Duskin Feldman.” Human Development (Perkembangan Manusia). Alih Bahasa Brian Marswendy. Jakarta: Salemba Humanika, 2009.
Papalia, Diane E., Sally Wendkos Olds, and Ruth Duskin Feldman. “Human Development: Perkembangan Manusia.” Jakarta: Salemba Humanika, 2009.
Pohan, Helsa Apriani, and Nia Hoerniasih. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di PAUD SKB Karawang.” Journal of Lifelong Learning 5, no. 2 (2022): 72–79.
Ramadhani, Hasna Nur. “Implementasi Pengembangan Moral Perspektif Islam Untuk Membentengi Anak Usia Dini Generasi Alpha Era Digital Di TK Sultan Agung Yayasan Badan Wakaf UII Yogyakarta.” PhD Thesis, Universitas Islam Indonesia, 2024. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/50107.
SRY. “Usia Emas Perkembangan Sosial Anak: Peran Strategis Pola Asuh Orang Tua Dalam Rentang Usia 3–12 Tahun.” BIMA, MEI 2025.
“Usia Emas Perkembangan Sosial Anak: Peran Strategis Pola Asuh Orang Tua Dalam Rentang Usia 3–12 Tahun.” BIMA, Mei 2025.
Wahyuni, Sri. “Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Al-Ahwan Kota Parepare.” PhD Thesis, IAIN Parepare, 2023. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5727/.
Yudeansyah, Noven. “Peranan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mempertahankan Nilai Religiusitas Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Pada Sma Negeri 5 Bengkulu Selatan).” PhD Thesis, UIN Fatmawati Sukarno, 2021. http://repository.iainbengkulu.ac.id/7509/.
Copyright (c) 2024 Mulyadin, Junaidin, Siti Maryam Mukin, Aisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.