DUNIA PENDIDIKAN ISLAM: ANTARA HAKIKAT, REALITAS DAN HARAPAN

  • Muhammad Mutawali STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Kebijakan Pendidikan, Paradigma, Kualitas

Abstract

Hakikat pendidikan Islam adalah penanaman adab dan budi pekerti melalui metode serta upaya yang sistematis dan berkesinambungan, dengan komitmen mengembangkan potensi sumber daya manusia yang berkualitas. Rendahnya mutu dan kualitas lulusan dunia pendidikan Islam mengindikasikan rapuhnya sistem dan infrastruktur yang ada mulai dari tenaga dosen, sarana dan prasarana, kurikulum serta kultur akademik yang belum sepenuhnya optimal dalam mendukung cita luhur pendidikan. Globalisasi dan modernisasi dalam berbagai aspek menuntut agar lulusan pendidikan Islam mampu bersaing di pasar kerja.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Prof, M.Ed, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara: 1994.
Mujib, Abdul, dan Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.
Syar`i, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2005.
Tim Dosen IAIN SUPEL, Dasar-dasar Kependidikan Islam, Surabaya: Karya Abdi tama, 1996.
Munir, Misbahul, Inkonsistensi Kurikulum pendidikan Nasional Indonesia dalam Jurnal pendidikan KREATIF, STAI Muhammadiyah Bima: volume IV nomor 2 Juli 2006.
Kunandar, Guru Profesional, Jakarta, Rajawali pers: 2007.
Thoib, Ismail, Pendidikan Berbasis Pembumian al-Qur`an, Bima: Makalah: 2008.
Minhaji, Akh, Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia dan Tradis berpikir Kritis, dalam Paradigma Baru Pendidikan, Jakarta: IISEP, 2008.
Published
2019-11-01
How to Cite
Mutawali, M. (2019, November 1). DUNIA PENDIDIKAN ISLAM: ANTARA HAKIKAT, REALITAS DAN HARAPAN. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v1i1.144
Section
Articles