PENERAPAN MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN TASAWUF DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA MALANG

  • Abd. Salam STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Model Pendidikan Agama Islam, Pendekatan Tasawuf,, Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang, Pondok Pesantren

Abstract

Tasawuf merupakan suatu upaya pendekatan diri  pada Allah SWT. melalui kesadaran murni dengan memengaruhi  jiwa secara benar untuk melakukan berbagai latihan-latihan (riyadhah), baik secara fisik maupun mental, dan dengan melakukan berbagai ibadah sehingga aspek uluhiyah dan ruhaniyah dapat mengungguli aspek duniawiyah dan jasadiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji 1.) Bagaimana nilai-nilai (tasawuf) yang dikembangkan di Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang. 2.) Bagaimana model pendidikan agama Islam dengan pendekatan tasawuf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan paedagogik, psikologis, dan sosiologis dengan hasil penelitian yaitu  1)  Nilai tasawuf yang dikembang di PPMH Malang diantaranya Tawadu h, Sabar, danIstiqomah, 2) model pendidikan agama Islam dengan pendekatan tasawuf diantaranya 1). Model ABID yaitu: guru mengajarkan tasawuf kepada santri dengan penanaman materi sekaligus praktek melalui kegiatan pengajian yang rutin dilaksanakan setelah solat ashar, 2). Model Al-„Alim yaitu guru mendidik siswa agar mampu mengaplikasikan dan menyampaikan ilmu yang telah dipahaminya kepada orang lain.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah M. Zain, Dzikir dan Tasawuf (Solo: Qaula, 2007).
Arief Armani, Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers: 2002).
D.Marimba Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan, (Bandung: PT al-Ma‟arif, 1998).
Darmasyah, Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2010).
Dzofier Zamakhsyari, “Pesantren dan Thariqoh”, dalam Jurnal Dialog.
(Jakarta, Libang DEPAG RI, 1987).
Fattani Zubair, The Meaning of Tasawuf (Northeast Ohio: Islamic Academy, 2008).
Godlas Alan, Sufism‟s Many Paths (USA Georgia: Univesity of
Georgia, 2009).
Hamalik Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Hamka, Tasawuf, Nurcholis Madjid, Islam Agama Peradaban: Membangun
Makna dan Relevansi Islam dalam sejarah (Jakarta: Yayasan Paramadina, 1995).
Http:file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN DASAR/Nomor 14-oktober 2010/Integrasi Pendidikan nilai dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah Dasar Sebagai Upaya Pembinaan Akhlak Siswa.pdf.23 oktober.
Masnun Mohammad, “Pendidikan Agama Islam dalam Sorotan”
,Jurnal Pendidikan Islam Lektur, Vol. 13 No. 2 Desember 2007.
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo, 2006).
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah , dan Perguruan Tinggi (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009).
Muslich M. Baidowi, Tasawuf Pencerah Hati Penerang Kalbu, (Ponpes.
Anwarul Huda Malang, 2007).
Mustofa A, Akhlak Tasawuf (Bandung: Pustaka Setia, 1999).
Ni‟am Syamsun, Tasawuf Studies, Pengantar Belajar Tasawuf, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014).
Sratawaji, “Pengertian Pendidikan Islam Menurut Berbagai Pakar”,
dalam http://starawaji.wordpress.com/2009/05/02/, 2, diakses 28 Pebruari 2014.
Sudjana Nana, dan Ibrahim, Penelitian dan Penelitian Kualitatif, (Bandung : Sinar Baru, 1989).
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D, (Bandung: Alfabeta, 2009).
Tafsir Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam (Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 2006).
Tafsir Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002).
Umiarso, Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan: Menjawab problematika Kontemporer Menejemen Mutu Pesantren, (Semarang: Rasail Media Group, 2011).
Zahara Idris, Dasar-Dasar Kependidikan, (Bandung: Angkasa, 2002).
Published
2019-11-23
How to Cite
Salam, A. (2019, November 23). PENERAPAN MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN TASAWUF DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA MALANG. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 8(1), 1-15. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v8i1.159
Section
Articles