PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH SURABAYA DALAM MENGHADAPI GELOMBANG MODERNISASI

  • Muhammad Irfan STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Pondok pesantren, Pesantren Hidayatullah Surabaya, moderenisasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pendidikan pondok pesantren di tengah gelombang modernisasi dan  tantangan komplesitas global dalam mewujudkan masyarakat madani. Lokus kajiannya adalah pondok pesantren Hidayatullah Surabaya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode  kualitatif  deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren Hidayatullah Surabaya sejauh ini masih mampu bersaing dengan lembaga pendidikan formal lainnya, dan bahkan menjadi pilihan utama dan yang pertama bagi masyarakat di sekitar wilayah pesantren tersebut.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Halim Soebahar, Modernisasi Pesantren, (Yogyakarta. LKiS Yogyakarta, 2013).
Abuddin Nata. Kapita Selekta Pendidikan Islam. (Jakarta. Rajagrafindo
Persada. 2013).
Ahmad Zahro. Tradisi Intelektual NU. (Yogyakarta. LKiS Yogyakarta.
2004).
Bukhari Umar. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta. Amzah, 2011) 149 Didin Hafidhuddin. Dakwah Aktual. (Jakarta. Gema Insani, 2001). Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial. (Jakarta. GP Press,
2009).
Lexy J Moleong. Metodelogi Penelitian Kualitatif. (Bandung. PT. Remaja Rosdakarya, 2008).
Pius A Partanto dan M. Dahlan Al Barry. Kamus Ilmiah Populer.
(Surabaya. Arkola, 1994).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). (Bandung. Alfabeta, 2008).
Suharsimi Arikunto. Prosedur penelitian (Suatu Pendekatan Praktek).
(Jakarta. PT. Rineka Cipta, 2002).
Suismanto, Menelusuri Jejak Pesantren, (Yogyakarta: AliEf Press, 2004). Umiarso dan Nur Zazin. Pesantren Di Tengah Arus Mutu Pendidikan.
(Semarang: RaSAIL Media Group, 2011).
Published
2019-11-23
How to Cite
Irfan, M. (2019, November 23). PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH SURABAYA DALAM MENGHADAPI GELOMBANG MODERNISASI. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v8i1.164
Section
Articles