UPAYA PENINGKATAN KETAATAN SISWA TERHADAP PERATURAN KEDISIPLINAN DI SMA NEGERI 1 WAWO.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dan upaya yang dilakukan oleh Guru di SMA Negeri 1 Wawo dalam meningkatkan ketaatan siswa terhadap peraturan kedisiplinan, Lokus Penelitianya adalah pada SMA Negeri 1 Wawo, dengan Menggunakan metode Kualitatif Deskriptif, dengan hasil menunjukkan bahwa faktof dari siswa itu sendiri, guru-guru yang mengajar, kondisi sekolah tempat para siswa menuntut ilmu, orang tua para siswa dan juga metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar, Upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, dan juga guru-guru dalam meningkatkan ketaatan siswa terhadap peraturan kedisiplinan di SMA negeri 1 Wawo namun, masih saja belum maksimal karena siswa di SMA negeri 1 Wawo memiliki watak, perilaku, bahkan latar belakang keluarga yang berbeda dan juga dari sisi metode mengajar guru yang kurang di sukai oleh siswa.
Downloads
References
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 1991)
Amir Daien Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan Sebuah Tinjauan Teoritis Filosofis, (IKIP Malang: 1973).
Bimo Walgito,Metodetologi Research I,(Yogyakarta: Gama press,1982).
Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya. (Semarang: Al waah, 1989).
Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak, ( Erlangga, Jakarta: 1997).
Giri Harto Wiratomo, Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pendidikan Moral, Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial UNS, 2007.
H. Koestoer P, Dinamika Dalam Psikologi Pendidikan (Jakarta: Erlangga, 1993).
Hafi Anshari, Pengantar Ilmu Pendidikan (Usaha Nasional, Surabaya: 1983).
Hasan, Peraturan Sekolah ( http://iklangratis.mercubuana.ac.id, diakses 12 Januari 2012.
Imam Ahmad Ibnu Nizar, Membentuk dengan Meningkatkan Disiplin Anak Sejak Dini (Jogjakarta, Diva Press, 2009).
Jawes Draver, Kamus Psikologi, (Jakarta: Bina Aksara, 1986).
Made Pidarta, Perana Kepala Sekolah pada Pendidikan Dasar, (Grafindo,Jakarta: 1995).
Maria Ulfah, “Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah Singosari Malang”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Malang, 2005).
Moh. Said, Ilmu Pendidikan (Alaumni, Bandung: 1985).
Oteng Sutrisno, Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional, (Angkasa, Bandung: 1985).
Pius Apartanto, M. Dahlan Al-Barry, kamus ilmiah popular (Surabaya: Arkola,1994).
Shafique Ali Khan, Filsafat Pendidikan .Al-Ghazali, Pustaka Setia, Bandung, 2005.
Subari, Supervisi Pendidikan dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar, (Bumi Aksara, Jakarta, 1994).
Suharsimi Arikunto. Menejemen Pengajaran Secara Manusiawi.(Rineka Cipta, Jakarta: 1993)
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta,1995).
Soekarto Indarafachrudin, Hendyat Soetopo, Administrasi Pendidikan,( Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP IKIP Malang).
Singgih D.Gunarsah, Psikologi Untuk Membimbing (Gunung Mulia, Jakarta: 1993 ).
Suryaningsih, Pengaruh Disiplin Terhadap Peningkatan Prestasi Hasil Belajar (Malang: RS. PI, 2004).
Srijanto Djarot, Tata Negara Sekolah Menngah Umum, PT. Pabelan , Surakarta 1994.
Sumarno, D. Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan Tata Tertib Sekolah . Jakarta : C.V. Jaya Abadi. 1998.
Soegeng Prijodarminto, Disiplin Kiat Menuju Sukses, Pradnya Paramita, Jakarta:1994
Tamarli, Strategi Kepala Sekolah Dalam Membina Disiplin di Sekolah, Jurnal SERABI IMU, FKIP, UAA (Universitas Abulyatama Aceh) September 2009, Volume 7 No 1
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus BesarBahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta: 1997.
Wardi Bachtiar, Metodelogi Penelitian Ilmu Dakwah (Jakarta : Logos, 1997)
Wina, Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan .(Jakarta : Kencana, 2006).