KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN ORGANISASI PEMBELAJAR DI SD INTEGRAL LUQMAN Al-HAKIM SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis keterampilan manajerial kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah sebagai organisasi pembelajar di SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis, artinya peneliti meneliti fenomena yang terjadi di lapangan sesuai dengan mengumpulkan data-data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi di lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya organisasi pembelajar di sekolah agar sekolah selalu melakukan inovasi pendidikan sehingga mampu terus bersaing seiring berkembangnya zaman. Begitu pula dengan SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya yang telah menerapkan organisasi pembelajar lewat keterampilan manajerial kepala sekolah yang meliputi keterampilan konseptual, keterampilan hubungan manusia, dan keterampilan teknik. Bagi seorang kepala sekolah, keterampilan manajerial begitu penting keberadaannya dalam mewujudkan sekolah sebagai organisasi pembelajar, yaitu sekolah yang selalu mengalami kemajuan dan selalu mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang dari tahun ke tahun selalu mengalami kemajuan.
al, Organisasi Pembelajar
Downloads
References
Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz
Nurkolis. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.
Marno & Triyo Supriyatno. 2008. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Aditama.
Aan Komariah & Cepi Triatna. 2006. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: PT Bumi Askara.
Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Jakarta: GP Press.