PERKEMBANGAN MADRASAH SEBAGAI INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM MASA ABBASIYAH DAN AWAL MUNCULNYA DI INDONESIA

  • Suryani Suryani STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Madrasah,, Institusi, Masa Abbasiyah dan Indonesia

Abstract

Madrasah merupakan sebuah wadah pendidikan yang melalui masa proses yang panjang sebagai institusi pendidikan.  Munculnya madrasah sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi pasca lembaga pendidikan non formal pada masa-masa sebelumnya dikarenakan makin meluasnya daerah Islam serta berkembangnya ilmu pengetahuan yang mengakibatkan harus dipertimbangkanya lembaga-lembaga pendidikan tersebut sebagai lembaga pendidikan Islam yang tidak lagi dianggap mampu dan memadai untuk keberlangsungan pendidikan Islam, terutama kepada mereka yang hendak melanjutkan pada jenjang pendidikan tinggi.

Munculnya madrasah Nizhamiyah pada dasarnya merupakan reaksi terhadap berkembangnya paham Shi’ah pada waktu itu, yang dimulai sejak abad keempat. Paham ini nampak telah berkembang begitu pesat di banyak daerah Islam yang dipromotori oleh Dinasti Fatimiyah di Mesir. Mengingat bahwa untuk melawan Shi’ah tidak cukup dengan kekuatan senjata, maka pemerintah pada masa itu membentengi masyarakat dari pengaruh Shi’ah melalui jalur pendidikan. Maka sejak itu madrasah mulai berkembang secara Institusi dan berotonomi dari berbagai wilayah dan mengembangkan secara menyeluruh sebagai institusi yang berdaulat pada kekuatan elit politik Islam sebagai pemurnian ajaran islam sejak dini dan terlembaga secara hukum.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrohah, Hanun, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)
Azra Azumardi, Jaringan Ulama Timu Tengah dan Kepulaun Nusantara abad ke XVII dan XVIII :akar Pemaharuan Islam Indonesia (Bandung: Mizan, 2004)
Billah Orr dan Budi Lazarusli, Kenneth MM, Education for This Life or For The Life Come: Observationns on The Javanese Village Madrasah (Indonesia, tp., 1977)
H. Maksum, Madrasah; Sejarah Dan Perkembanganya (Jakarta Logos Wacana Ilmu, 1999)
Hasan Asari,Menyingkap Zaman Keemasan Islam Kajian atas Lembaga-lembaga pendidikan edisi Revisi,(Bandung: Cipta Pustaka Media, 2007),
Hasbunallah, “Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia”Lintasan Perkembangan Dan Pertumbuhan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1999)
Hillanbrand, Madrasah Dalam The Encyclopedia of Islam (Laiden: E.J. Bill 1986),1127.
Ibnu Khaldun,Muqaddimah, h. 398 ; al-Baladhuri, h. 147 ; Hitti,The History of the Arabs,Ibnu Batuta,Tuhfat ul-Nazar,Vol I, h. 213 ; Syalaby, History of Muslim Education,h. 16-23 dalamMehdi Nekosteen, Kontribusi Islam vatas Dunia Intelektual Barat Deskripsi Analisis Abad Keemasan Islam,vTerjemahan dari judul asli :vHistory of Islamic Origins of Western Education A D. 1800-1350,with an Introduction to Medieval Muslim Education,vpenerjemah : Joko S. Kahar dan SupriyantoAbdullah (Surabaya : Risalah Gusti, 2003),
Makdisi George,Cita Humanisme Islam Panorama Kebangkitan Intelektual dan Budaya Islam dan Pengaruhnya terhadap Reinesans barat,terjemahan dari judul asli :The Rise Of Humanismin Classical Islam and The Christian West,Penerjemah : A. Syamsu Rizal & Nur Hidayah, ( Jakarta:PT. Serambi Ilmu Semesta, 2005),
Maksum, Madrasah, Sejarah dan Perkembangannya (Jakarta: Logos, 1999)
Menurut Al-Syiba’i, selama masa kekacauan yang ditimbulkan oleh kaum Syi’ah Qarmathiayah, semua pasar di Mekkah nyaris tutup. Demikian pula dengan kegiatan pendidikan, selain antusiasme masyarakat menurun, kegiatan pendidikan juga semakin terbatas pada Al-Masjid Al-Haram di Mekkah dan Al-Masjid Al-Nabawi di Madinah. Lihat Azyumardi Azra, Jaringan Ulama
Michael Stanton Charles, Pendidikan Tinggi Dalam Islam Sejarah Dan Peranannya Dalam Kemajuan Ilmu Pengetahuan,Terjemahan dari judul asli : Higher Learning in Islam : The Classical Period,A.D. 700-1300. Penerjemah : H. Affandi dan Hasan Asari ( Jakarta : PT. Logos PublishingHouse, 1994),
Nekosteen Mehdi, Kontribusi Islam atas Dunia Intelektual Barat Deskripsi Analisis Abad Keemasan Islam,Terjemahan dari judul asli :History of Islamic Origins of Western Education A D.1800-1350, with an Introduction to Medieval Muslim Education,penerjemah : Joko S. Kahar danSupriyanto Abdullah (Surabaya : Risalah Gusti, 2003), .
Nizhar Syamsul, Sejarah Pendidikan Islam ‘Menelusuri Jejak Sejarah Era Rasulullah Sampai Indonesia (Jakarta: Pustaka Grafika, 2007)
Rahim Husni, Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: Logos, 2005)
Rchman Shaleh, Abdul, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa: Visi, Misi dan Aksi,(Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006)
Steenbrink, Karel A., Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Waktu odern (Jakarta: LP3ES, 1986)
Suwito, “Sejarah Sosial Pendidikan Islam” Edisi Pertama,(Jakarta: Kencana, 2005)
Syalaby Ahmad,Sejarah Pendidikan Islam,judul asli;Tarikh at-Tarbiyah al-Islamiyah,terjemahan Muchtar Jahja dan M. Sanusi Latief (Jakarta : Bulan Bintang, 1973
Published
2019-11-24
How to Cite
Suryani, S. (2019, November 24). PERKEMBANGAN MADRASAH SEBAGAI INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM MASA ABBASIYAH DAN AWAL MUNCULNYA DI INDONESIA. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v9i2.179
Section
Articles