KONSEPTUALISASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PENANAMAN AQIDAH

  • Idhar Idhar STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini,, Penanaman Nilai-nilai Aqidah

Abstract

Keluarga merupakan lembaga institusi pendidik pertama, tidak hanya mendidik atau memperhatikan anak-anaknya tentang ilmu umum tetapi yang lebih penting adalah menanamkan pemahaman mereka akan ilmu agama bahkan lebih sepesifik juga membekalinya dengan penanaman pendidikan aqidah yang menjadi kewajiban sebagai orang tua. Tidak berlebihan ketika orang tua dikatakan sebagai sumber pendidikan aqidah anak pertama sebelum masuk sekolah formal.

Pendidikan yang diselenggarakan dan diterima oleh seorang anak dalam perjalanan hidupnya. Pendidikan aqidah ini secara agama sudah dimulai sebelum ia masuk kedunia ini. Artinya, pendidikan akidah sudah berlangsung jauh semasa manusia masih di alam absolut (ruh) yaitu alamnya yang paling awal yang tidak dapat dibatasi dengan waktu atau disebut masa azaly.

Orang tua yang bertanggung jawab dalam mendidik anak di usia dini bisa dilihat dari kuatnya penanaman aqidah. Anak didik yang ditanamkan aqidah pada usia dini bisa dilihat secara dzahir yaitu identik dengan keshalehan, baik itu secara individu maupun sosial. Hal ini wajar, karena pembiasaan orang tua dalam menanamkan aqidah dan mendidik anak-anak diusia dini baik mulai dari dalam kandungan dengan menjaga pandangan, berdo’a sebelum berbuat intim dengan suami istri sampai memperhatikan sekolah formal anak didiknya. Karena pendidikan aqidah orang tua di usia dini lebih mengena daripada hanya mengandalkan penjelalasan materi di sekolah.

Tujuan dari pendidikan ialah meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang (Pasal 31 ayat 3) Dalam pasal ini dijelaskan bahwa tujuan dari pendidikan di Indonesia adalah bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia pada pelajar pada realitanya seperti jauh api dari panggang. Sistem pengajaran yang diberikan sekolah terhadap siswanya sebagian besar ialah hanya berorientasi kepada kecerdasan intelektual semata (intelegensia) sedangkan penanaman nilai-nilai aqidah  pada diri anak sangat kurang sekali.

Dalam tulisan ini saya membahas tentang bahasan mengenai konseptualisasi pendidikan anak usia dini berbasis penanaman aqidah

 

Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Penanaman  Nilai-nilai Aqidah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari, al-Jami al-Sahih, Jilid II, Tahqiq Muhibuddin, 1400
Ahmad Warson Munawwir, Kamus Al-munawir Arab Indonesia, Surabaya, Pustaka Progresif, 1997.
Dakiah Daradjat, Dasar-Dasar Agama Islam. Makassar : berkah Utami, 2005.
Rahman Ritonga, Akidah; Merakit Hubungan Manusia Dengan Khaliknya Melalui Pendidikan Anak Usia Dini, Surabaya: Amelia, 2012.
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya , Surabaya: al-Hidayah, 2002.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya.
Sattu Alang, Kesehatan Mental dan Terapi Islam, Makassar: Berkah Utami, 2010
Tim Pustaka Phoenix, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: 2009
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya
Published
2019-12-23
How to Cite
Idhar, I. (2019, December 23). KONSEPTUALISASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PENANAMAN AQIDAH. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v10i2.253
Section
Articles