SISTEM MANAJEMEN MUTU MADRASAH UNTUK TERTIP PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMIK COVID-19 TAHUN 2021

  • Hermawansyah Hermawansyah STIT SUNAN GIRI BIMA

Abstract

Kalau di kaji secara prinsip perkembangan teknologi dan pendidikan yang mumpuni, Indonesia adalah salah satu Negara yang masi dalam tahap perkembangan dalam menumbuh kembangkan sistem pendidikan secara teknologi digital, sehingga ketika pandemi terjadi indoneia terlihat kesulitan dalam mengkonstruksi sistem  manajemen pendidikannya sehingga terlihat secara terpaksa untuk merubahnya dengan kondisi ada yang menerima ada juga yang tidak, namun hal ini pemangku pendidikan dan lembaga pendidikan seindonesia harus lapang dada menerima perubahan ini disebabkan oleh bencana yang terjadi. Salah satunya sekolah MA Nurul Ihsan Kota Bima mengambil langkah perubahan itu walau atauran yang di ambil hanya menggeser tekning dan tatacara yang ada.

Penulis Ini menggunakan pendekatan Fenomenologi dan studi kasus dengan jenis penelitian kulitatif , dengan menggunakan kumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi agar data tersebut bisa dianalisis secara falid.

Adapun temuan dalam penelitian ini yaitu: MA Nurul Ihsan merupakan sekolah yang ada di kota yang memiliki siswa berada di pelosok pedesaan yang tidak mungkin untuk melaksanakan proses pembelajaran secara daring dan luring, di sebabkan oleh keterbatasan jarigan internet, hp android dan fasilitas guru lainnya yang tak memadai.  Persoalan inilah MA Nurul Ihsan dengan adanya fasilitas asrama yang memadai melakukan isolasi mandiri terhadap siswanya, sehingga tetap melakukan proses pembejaran tatap muka dengan ketentuan protocol kesehatan yang ketat sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang di atur oleh mentri kesehatan Negara tersebut.

Kata Kunci: Manajemen  Mutu, Madrasah,  Protokol  Kesehatan,  Pandemik Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Tanzeh http:/repo.”Analisis Data”. IAIN-tulungagung.ac.id. Kutip rabu 19 desember 2021.
Ayu Puspitasa ri and Triana Rosalina Noor, ‘Optimalisasi Manajemen Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Adversity Quotient (AQ) Siswa Selama Pandemi Covid - 19’, Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendid ikan Dan Sosial 3, no. 2, 2020.
Dosen STIT Sunan Giri Bima
Hermawansyah, Manajemen Lembaga Pendidikan Sekolah Berbasis Digitalisasi Di Era Covid -19, Jurnal Fitrah Stit Sunan Giri Bima, Volume 11 Nomor 2 Maret 2021.
John W Cresswell, Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset : Memilih Diantara Lima Pendekatan.
Mahmud Arif, Pendidikan Islam Transformatif, Yogyakarta, LKS Yogyakarta : 2008.
Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Hidakarya Agung, 1996102.
Matthew B Miles, A Michael Huberman, and Johnny Saldana, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Third Edition USA: Sage Publications, 2014
Muhajir. Manajemen berbasis madrasah. Serang, FTK Banten Press : 2015.
Muhammad Nur dkk, Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie (Jurnal), Darussalam, Banda Aceh , 2011.
Rahmad Hidayat. Membangun Madrasah di Indonesia MelaluiPenerapan Manajemen Berbasis Madrasah, STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Tengah, Aceh. Jurnal As-Salam, Vol.1, No. 2, ISSN 2528-1402, September-Desember: 2016.
Sugiyono Sugiyono, Metode Penelitan Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D
Triana Rosalina Noor, ‘Strategi Solutif Kepala Sekolah Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 Di SDN Sumput Sidoarjo’, Al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 9, no. 1, 2021.
Umar Sidiq. Manajemen Madrasah, Ponorogo, Cv Nata Karya : 2018.
Undang-Undang Sisdiknas https://simpuh.kemenag.go.id. Senin 25 oktober 2021.
Wawancara dengan bapak Hijrah Saputra, S.Pd. selaku Kepala Sekolah MA Nurul Ihsan Kota Bima. 16 Oktober 2021.

Zulhamnen, Sistem Manajemen Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam, (Dosen Tetap STAI Aceh Tamiang) file:///C:/Users/USER/Downloads/jurnal%20(2).pdf akses 25 November 2021.
Published
2021-12-31
How to Cite
Hermawansyah, H. (2021, December 31). SISTEM MANAJEMEN MUTU MADRASAH UNTUK TERTIP PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMIK COVID-19 TAHUN 2021. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 12(2), 16-33. Retrieved from http://ejournal.stitbima.ac.id/index.php/fitrah/article/view/332
Section
Articles