KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI AKSES PERCEPATAN TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI ERA SOCIETY

  • Hermawansyah Hermawansyah STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Kurikulum Merdeka, Transformasi Pendidikan, Society

Abstract

Kurikulum merupakan sebuah muatan proses dalam ranah formal dan infromal yang ditujukan kepada siswa sebagai alur untuk memperoleh pengetahuan juga pemahaman demi perbaikan sikap dan pembentukkan nilai ada diri mereka akan tetapi kurikulum juga akan terlihat kaku jika hanya dipandang sebagai sebuah rnacangan tekstual semata sebab yang paling utama adalah dilihat berdasarkan pengalaman belajar yang diberikan sehingga dilihat pada hasil yang diperoleh bahwa kurikulum merdeka bisa memberikan peran penting juga nilai positif terhadap perkembangan pendidikan di era socety yang mampu mempercepat segala proses pendidikan yang dibarengi dengan kemajuan teknologi yang digunakan serta peran kurikulum merdeka membuat aktivitas pembelajaran menjadi lebih universal dengan menyesuaikan bakat dan minat peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Zaki Mubarak, Desain Kurikulum Merdeka Belajar, Tasikmalaya: CV. Pusataka Turats Press (Anggota Ikapi), 2022
Ahmad Dhomiri, Dkk., Konsep Dasar Kurikulum Dan Peranan Serta Fungsi Kurikulum Dalam Pendidikan, Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, No. 1, Volume. 3, Maret 2023.
Ahmad Syar’i, Filsafat Pendidikan Islam, Kalimantan Tengah: CV. Narasi Nara, 2020.
Aslan, Wahyudin, Kurikulum Dalam Tantangan Perubahan, Medan: Bookies Indonesia, 2020.
David Copp, The Consept Of A Society, Universitas Of Califoernia, Artikel, Juni 2019.
Faulinda Eli Nastiti, Aghni Rizqi Ni’mal ‘Abdu, Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0, Universita Duta Bangsa Surakarta, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, No. 01, Volume. 05, April 2020.
Ghufran Hasyim Achmad, Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 04 No. 04, p-ISSN. 2656-8063 e-ISSN. 2656-8071, 2022.
Hasanuddin, Dkk., Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar), Serang Banteng: PT. Sada Kurnia Pustaka, 2022.
Hendrik Ryan Puan Renna, Konsep Pendidikan Menurut John Locke dan Relevansinya bagi Pendidikan Sekolah Dasar di Wilayah Pedalaman Papua, Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang, Indonesia, Jurnal Papeda, Vol 4, No 1, ISSN 2715 – 5110, 2022.
Heri Pratikto dkk, Pendidikan, Bisnis, Dan Manajemen Menyongsong Era Society 5.0, Penerbit Baskara MediA, Aditya Media Group: 2019.
https://www.merdeka.com, Tujuan Kurikulum Merdeka, Diakses 06 Agustus 2023.
Ika Farhana, Merdekakan Pemikiran Dengan Kurikulum Merdeka............... h. 8.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima, Pendidikan, Aplikasi Luring Resmi Badan Pengembangan Bahasa Dan Perbukuan Kemendigbud RI, Diakses 06 Juli 2023.
Maman Suryaman, Oreintasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, Jurnal, E-ISBN. 978-5830-27-3, Oktober 2020.
Mohammad Agust Kurniawan, Disrupsi Teknologi Pada Konsep Smart City: Analisis Smart Society Dengan Ksontruksi Konsep Society 5.0, Jurnal Arsitektur, Universitas Faletehan, 2021.
Mohammad Ansyar, Kurikulum (Hakikat, Fondasi, Desain & Pengembangan), Jakarta: PT. Kencana, 2017.
Muhammad Anwar, Filsafat Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2017.
Nanda Alfan Kurniawan, Dkk., Implementasi Pronsip-Prinsip Merdeka Belajar Bagi Calon Konselor, Artikel, Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang, 2020.
Nurul Hikmah, Kurikulum Merdeka Pendidikan Anak Usia Dini, Tangerang: Bait Qur’any Multimedia, 2022.
Rahmat Hidayat, Abdillah, Ilmu Pendidikan (Konsep, Teori Dan Aplikasinya), Medan: PT. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI), 2019.
Suherman, Dkk., Industry 4.0 Vs Society 5.0, CV. Pena Persada, 2020.
Sutiah, Pengembangan Kurikulum PAI Teori dan Aplikasinya, Siduarjo: Nizamia Learning Center, 2017.
Toto Nusantara, Society 5.0 Dan Riset Perguruan Tinggi Indonesia, (Prosiding Seminar Nasional Penguatan Riset dan Luarannya Sebagai Budaya Akademik di Perguruan Tinggi memasuki Era 5.0, Universitas Negeri Malang, 2020.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, https:// pusdiklat. perpusnas.go.id, diakses pada tanggal 21 februari 2023.
Wety Tanguhu, Pembelajaran Di Sekolah Dasar: Guru Sebagai Penggerak, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Gorontalo, ISBN 978-623-98648-2-8, November 2023.
Published
2023-12-20
How to Cite
Hermawansyah, H. (2023, December 20). KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI AKSES PERCEPATAN TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI ERA SOCIETY. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 14(2), 200-211. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v14i2.535
Section
Articles