Anatomi Dan Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural

  • Adi Haryanto Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Furqan Makassar
  • Muhammad Tang Pascasarjana STAI Al-Furqan Makassar
Keywords: penddikan agama islam, multikultural, kurikulum

Abstract

Pengembangan kurikulum PAI multikultural sangat urgensial dalam pendidikan agama islam untuk memperkuat identitas kebudayaan, membentuk karakter dan wawasan multikultural individu dan masyarakat. Oleh sebab itu, perlu adanya penguatan konseptual melalui anatomi dan desain kurikulum yang mengarah pada PAI multikultural. Berdasar pada hal tersebut maka,  Tujuan artikel ini untuk mengkaji anatomi dan desain pengembangan kurikulum PAI multikultural. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang berupaya mengkaji bebagai literatur yang ada berupa buku, jurnal, tesis dan terbitan lainnya. Teknik pengumpulan data yakni telaah dokumen, adapun sumber penelitan ini didapatkan dari Google shcooler, Google browser, dan internet. Adapun analisis data dalam penulisan artikel ini menggunakan analisis yang dicetus oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Anatomi pengembangan kurikulum PAI multikultural meliputi: a) Tujuan kurikulum PAI multikultural, b) Mata pelajaran/isi materi berbasis multikultural, 3) Strategi pembelajaran multikultural, 4) Media pembelajaran multikultural, dan 5) Evaluasi. 2) Desain pengembangan kurikulum PAI multikultural dilakukan dengan cara memahami kondisi sosio-kultur masyarakat, salah satu desain pengembangan kurikulum PAI multikultural adalah melakukan kegiatan Studi kultur. Implikasi penulisan artikel ini meliputi; pertama, penguatan indentitas kebudayaan suatu masyarakat, kedua, untuk memberikan kontribusi pada peningkatan kulaitas hidup masyarakat, ketiga, sebagai dasar untuk membentuk karakater dan untuk menambah wawasan multikultural setiap individu dan masyarakat.     

References

Abdillah, Zakki, “Studi Tematit Tentang Konsep Keadilan Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis”, Jurnal Syariat Dan Hukum, No. 1, Volume 1, Maret, 2019.

Aras, Muhammad, “Konsep Pendidikan Islam Pembebasan: Perspektif K. H. Abdurrahman Wahid,” Tesis, Makassar : UIN Alauddin Makassar, 2017.

Badrun, Ahmad, “Filsafat Nggusu Waru Dalam Tradisi Lisan Bima Dan Revitalisasi Dengan Ciri Kepemimpinan Modern,” Jurnal Mabasa, No. 1, Volume 2, Juni, 2008.

Bahri, Syamsul, “Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme Di Indonesia (Landasan Filosofis Dan Psikologis Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme),” Jurnal Ilmiah Didaktika, No. 1, Volume 15, Agustus, 2018.

Brata, Ida Bagus, Dkk, “Situs Sejarah Perekat Kerukunan Dan Maknanya Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara,” Jurnal Pendidikan, No. 2, Volume 12, 2021.

Departemen Agama RI, Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Tentang Pendidikan Nasional : Perguruan Agama Islam, (Jakarta, Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1998/1999.

Dewi, Ning Ratna Sinta, “Cultural Symbol Concept: Human History Of Religion And Culture,” Journal Of Religious Studies Religion, No. 1, Volume 2, March, 2020.

Futaqi, Sauqi, “Prinsip Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikultural,” Jurnal Pendidikan Dasar Islam, No. 2, Volume 5, Juli, 2022.

Hammy, Khairul, “Kurikulum PAI Yang Berbasis Multikultural,” Jurnal Akademik, Prosiding Konferensi, Dan Repositori Institusional, April, 2015.

Herliana, Septi, “Pendidikan Islam Menurut Muhammad Nastir Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Indonesia Saat Ini,” Tesis, Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Kemenag RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Pantja Cemerlang, 2014.

Khairani, Alfian, “Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam,” Jurnal UIN Antasari, 2021.

Moha, Kamaruddin, “Anatomi Kurikulum,” Jurnal Al Urwatul Wustqa, No. 1, Volume 1, Juni, 2021.

Mumin, Abdullah, “Pendidikan Toleransi Perspektif Pendidikan Agama Islam (Telaah Muatan Pendekatan Pembelajaran Di Sekolah),” Journal Of Islmic Studies, No. 2, Volume 1, Juli, 2018.

Munadlir, Agus, “Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural,” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, No. 2, Volume 2, Agustus, 2016.

Mursidi, Agus, Dhalia Soetopo, “Peninggalan Sejarah Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keberagaman Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi,” Jurnal Ilmiah Kependidikan, No. 1, Volume 13, September, 2019.

Purwanto, Joko, “Pendidikan Multikultural Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia No-BSE Untuk Siswa SMP Di Surakarta,” Tesis, Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2013.

Rahayu, Vina Putri, Hery Noer Aly, “Evaluasi Kurikulum,” Journal On Educaton, No 3, Volume 3, April, 2023.

Ramli, Muhammad, Media Dan Teknologi Pembelajaran, Banjarmasin: IAIN Antasari Press, 2012.

Resiana, “Analisis Nilia-Nilai Pendidikan Yang Terkandung Dalam Surah Al-Lukman”, Skripsi, Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2019.

Saidah, Iftitakhul, “Strategi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di Perguruan Tinggi Islam Swasta (Studi Di Pascasarjana Universitas Islam Malang),” Tesis, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2019.

Salam, Abd., “Revitalisasi Nilai-Nilai Karakter Nggusu Waru Sebagai Pembangunan Utama Pendidikan Karakter Anak Bima,” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, No. 1, Volume 3, 2022.

Subki, Muhammad, Dkk, “Interpretation Qs. Al-Hujurat (49) Ayat 13 About Gender Equality In The Qur’an According to Quraish Shihab And Sayyid Quthb (omparative Studies And interpretation Al-Mishbah Dan Tafsir Fi Zhilalal-Qur’an), Journal Of The Science Of The Qur’an And Tafsir, No. 1, Volume 4, Juny, 2021.

Sugiyono, Quanlitative, Qualitative Research Methods And R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.

Sulfahri, Syafruddin, Studi Terhadap Ornamen (Ragam Hias) Pada Situs Wadu Pa’a Candi Tebing Dengan Metode Karya Wisata Dalam Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Di Kelas X SMA Negeri 1 Woha Kabupaten Bima,” Jurnal Pendidikan IPS, No. 1, Volume 9, Januari-Juni, 2019.

Suniti, “Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural,” Jurnal Edueksos, No. 2, Volume 3, Desember, 2014.
Tafsir, Surat An-Nahl Ayat 90, dalam, https://tafsirq.com, Diakses Tanggal 16 Maret 2024.

Takari, Muhammad, Arts Society In Indonesia, Medan: Cultural Studies, Literature Faculty, University Sumatera Utara, 2008.

Tarigan, Henry Guntur, Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia, Bandung: Angkasa, 2019.

Thalib, Abdulah, “Konsep Persamaan Dalam Islam (Perspektif Telogi Sosial),” Jurnal Sulesana, No. 2, Volume 13, 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab III, Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan Pasal 4 Ayat (1) Dan Bab IV, Hak Dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua, Masyarakat, Dan Pemerintah Pasal 5 Ayat (1).

Verona, Nurul Aulia, “Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Multikultural,” Jurnal Pendidikan Islam, No. 1, Volume 4, 2023.

Yusuf, Achmad, “Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Multikultural (Perspektif Psikologi Pembelajaran), Jurnal Pendidikan Agama Islam, No. 2, Volum 4, Juni, 2019.

Zubair, Achmad Charris, “Kebebasan Manusia Menurut Konsep Islam,” Jurnal Filsafat, April, 2015.
Published
2024-08-16
How to Cite
Haryanto, A., & Tang, M. (2024, August 16). Anatomi Dan Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural. Fusshilat : Jurnal Studi Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 47-57. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fusshilat.v1i1.775
Section
Articles