AKTUALISASI NILAI KARAKTER JUJUR DI MADRASAH IBTIDAIYAH SAKURU MONTA KABUPATEN BIMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara guru dalam mengaktualisasi nilai kejujuran, dan mengetahui hambatan-hambatan guru dalam mengaktualisasi nilai kejujuran di MIS Sakuru Kecaman Monta Bima. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. dengan Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah, guru kelas dan tenaga pendidikan belum Sepenuhnya mengaktualisasikan nilai kejujuran di Mis Sakuru dengan maksimal. Pengintegrasian nilai kejujuran mencangkup kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Pengintegrasian nilai kejujuran dalam mata pelajaran meliputi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), proses pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Pengintegrasian nilai kejujuran dalam budaya sekolah meliputi kegiatan kelas, disekolah dan luar sekolah. Hambatan dalam mengaktualisasi nilai kejujuran di sekolah antara lain, sekolah belum menentukan indicator/petunjuk nilai kejujuran di dalam pengembangan kurikulum sekolah, belum adanya kontrol yang baik di antara komponen sekolah, dan siswa belum menyadari pentingnya nilai kejujuran.
Downloads
References
………………. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah; konsep dan praktik Implemntasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.
Darmiyati Zuchdi, Zuhdan Kun Prasetyo, dan Muhsinantun Siasah Masruri. Model Pendidikan Karakter.
Dharma Kesuma. Cepi Triatna dan Johar Permana. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
E. Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.
Fatchul Mu’in. Pendidikan Karakter (Konstruksi Teoritik dan Praktik), (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2013.
Fatchurahman. Skripsi. Penanaman Karakter Jujur Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Senden Magelang. Yogyakarta
Jamal Ma’mur Asmani. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press. 2011.
Masnur Muslich. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.
Muchlas Samani dan Hariyanto. Pendidikan Karakter: Konsep dan Mod,l. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 2011.
Muhammad Azmi. Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah: Cara Mengefektifkan Nilai-nilai Pendididkan Islam dalam Keluarga. Yogyakarta: Venus Corporation Yogyakarta. 2006.
Nana Syaodih Sukmadinata. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. 2006.
Ngainun Naim. Character Buiding: Otimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. 2012.
Rita E, Izzaty. dkk. Perkembangan Peserta Didik. UNY Pers: Yogyakarta. 2008.
Sampara palili. Implementasi Pendidikan Karakter Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ikhtiar Makassar. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. Volume 8. Nomor 2. 2018.
Sisdiknas. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.2003.
Syifa, Ainis. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam”.( Jurnal Pendidikan Universitas Garut 8. No. 01. 2014.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2011.