Spiritual Approach and Development of the Insan Kamil Character

Keywords: Insan Kamil, Spiritual Approach

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hakikat pendekatan ruhayiah yang dipraktekkan Lukman al-Hakim terhadap anaknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, data-data yang didapatkan dari hasil penelusuran secara pustaka di google schooler, buku-buku, dan tafsir al-Qur’an yang memuat kajian ini akan dikumpulkan, dikelompokkan dan dianalisis menggunakan tekhik Milles dan Huberman. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan membimbing dan mengarahkan perkembangan mental serta pertumbuhan fisik dalam konteks pendidikan tidak dapat dipisahkan dari aspek psikologis, karena proses Pendidikan berhubungan langsung dengan individu yang mengalami tahapan-tahapan perkembangan baik secara mental maupun fisik. Pendekatan Lukman Hakim mencakup aspek tauhid, akhlak, dan ibadah. Sedangkan karakteristik manusia sebagai insan kamil meliputi: 1) Kesehatan dan kekuatan fisik serta keterampilan, 2) Kecerdasan dan kepandaian, 3) Kualitas rohani yang tinggi.

Abstract: This study aims to examine the essence of the spiritual approach practiced by Luqman al-Hakim with his son. This research employs a descriptive qualitative method. Data obtained from literature searches in Google Scholar, books, and Quranic exegesis relevant to this study will be collected, categorized, and analyzed using the techniques of Miles and Huberman. The results of this study indicate that guiding and directing mental development and physical growth within the context of education cannot be separated from psychological aspects, as the educational process is directly related to individuals experiencing various stages of development, both mental and physical. Luqman al-Hakim's approach includes aspects of tauhid, akhlak, and ibadah. The characteristics of a perfect human being (insan kamil) include: 1) physical health and strength as well as skills; 2) intelligence and knowledge; 3) high spiritual quality.

References

Al-Qur’an al-Karim
Arifin, Muzayyin (Ed. Fauzan Asy).Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdispliner, Edisi Revisi. Cet. I; Bumi Aksara: Jakarta, 2003.
Budianto, Mangun. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Griya Santri, 2011.
Barsihannor. Belajar dari Lukman Al-Hakim. Cet. I; Yogyakarta: Kota Kembang, 2009.
Darraz, Muhammad Abdullah dalam Ulil Amri Syafri, Pendidikan Karakter Perspektif al-Qur’an. Cet. I; Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Daulay, Haidar Putra. Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia. Cet I; Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya Juz 1-30 Edisi Revisi.Surabaya: Karya Agung, 2006.
Daradjat, Zakiyah dkk. Ilmu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Daradjat, Zakiyah Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
I, Robert dan Hendry Clay Lindgren, dalam Barsihannor. Belajar dari Lukman Al-Hakim. Cet. I; Yogyakarta: Kota Kembang, 2009.
Al-Jurjani, Al-Syarif Ali ibn Muhammad dalam Lanny Octavia, dkk., Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Cet. I; Jakarta: Rumah Kitab, 2014.
Madjid, Abdul. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Rosdakarya, 2011.
Mujib,Abdul.Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2007.
Published
2024-08-08
How to Cite
Junaidin, J. (2024, August 8). Spiritual Approach and Development of the Insan Kamil Character. Fusshilat : Jurnal Studi Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 38-46. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fusshilat.v1i1.769
Section
Articles