STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PEDULI LINGKUNGAN DI MADRASAH

  • Tamjidillah Hm Amin UIN Mataram
Keywords: Strategi Guru, Pembentukan Karakter dan Peduli Lingkungan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui  bagaimana startegi guru dalam pembentukan karakter siswa peduli lingkungan di Madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, staf, dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi.

Hasil penelitian ini adalah dengan menunjukkan bentuk startegi guru terhadap pembentukan karakter siswa peduli lingkungan yang diawali dengan pengaturan jadwal piket kelas siswa, sosialisasi tentang hidup bersih dan sehat melalui pemasangan pamflet, spanduk dan gambar-amabar yang bernuansa kebersihan dan kesehatan pada setiap mading dilingkungan sekolah, menyediakan bak pembuangan sampah, menyediakan alat-alat kebersihan dan sejenisnya. Disamping itu, strategi guru yang lainnnya adalan melakukan pendekatan secara personal maupun kelompok terhadap siswa yang berhubungan dengan penanaman jiwa disiplin diri, baik disiplin terhadap kebiasaan hidup sehat dan bersih disiplin dalam mengatur diri dan lingkungan, tata pergaulan, hidup bersama dalam kerjasama dan gotong royong dan lain-lain.

References

Agus Wibowo. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaba. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.2012.
………………. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah; konsep dan praktik Implemntasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.
Darmiyati Zuchdi, Zuhdan Kun Prasetyo, dan Muhsinantun Siasah Masruri. Model Pendidikan Karakter.
Dharma Kesuma. Cepi Triatna dan Johar Permana. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
E. Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.
Fatchul Mu’in. Pendidikan Karakter (Konstruksi Teoritik dan Praktik), (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2013.
Fatchurahman. Skripsi. Penanaman Karakter Jujur Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Senden Magelang. Yogyakarta
Jamal Ma’mur Asmani. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press. 2011.
Masnur Muslich. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.
Muchlas Samani dan Hariyanto. Pendidikan Karakter: Konsep dan Mod,l. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 2011.
Muhammad Azmi. Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah: Cara Mengefektifkan Nilai-nilai Pendididkan Islam dalam Keluarga. Yogyakarta: Venus Corporation Yogyakarta. 2006.
Nana Syaodih Sukmadinata. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. 2006.
Ngainun Naim. Character Buiding: Otimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. 2012.
Rita E, Izzaty. dkk. Perkembangan Peserta Didik. UNY Pers: Yogyakarta. 2008.
Sampara palili. Implementasi Pendidikan Karakter Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ikhtiar Makassar. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. Volume 8. Nomor 2. 2018.
Sisdiknas. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.2003.
Syifa, Ainis. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam”.( Jurnal Pendidikan Universitas Garut 8. No. 01. 2014.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2011.
Published
2020-12-29
How to Cite
Hm Amin, T. (2020, December 29). STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PEDULI LINGKUNGAN DI MADRASAH. Fashluna: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 1(02), 29-50. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fashluna.v1i2.277
Section
Articles