KONSEPTUALISASI PEMBINAAN SHALAT BERBASIS PEMBANGUNAN KRAKTER PESERTA DIDIK

  • Idhar Idhar STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Pembinaan Shalat, Nilai-nilai Krakter Peserta didik

Abstract

Konsep Pembinaan Shalat peserta didik merupakan cara untuk menampung dan membangun dorongan positif, sehingga seorang akan memperoleh suatu keseimbangan antara pemikiran dan alam nyata. Shalat adalah tempat penampungan diri suatu dorongan energy yang tinggi dari seseorang yang bejuang sebgai khalifah yang berfungsi sebagai petugas yang memakmurkan bumi (ibadah)

Di samping itu, tujuan pembinaan shalat yaitu untuk membangun krakter peserta didik atau dengan kata lain adalah agar peserta didik bisa mengimbangkan dan menyelarskan pikiran dan pelaksanaan, shalat juga merupakan mekanisme yang bisa menambah energy baru yang terakumulasi sehingga menjadi suatu kumpulan dorongan dorongan dahsyat untuk segera, berkarya beribadah dan mengaplikasi pemikiran kedalam alam  realita. Energy ini akan merubah menjadi perjuangan nyata dalam menjalankan misi  sebagai rahmatan lilalamin. Shalat akan menghasilkan suatu sumberdaya manusia yang diilhami “cahaya tuhan” yang akan turut berperan untuk menerangi bumi.

Hal itu senada dengan tujuan dari pendidikan ialah meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang (Pasal 31 ayat 3) Dalam pasal ini dijelaskan bahwa tujuan dari pendidikan di Indonesia adalah bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia pada pelajar pada realitanya seperti jauh api dari panggang. Sistem pengajaran yang diberikan sekolah terhadap pesera didiknya sebagian besar ialah hanya berorientasi kepada kecerdasan intelektual semata (intelegensia) sedangkan pembangunan nilai-nilai karakter  pada diri pada peserta didik sangat kurang sekali.

References

Abdullah, Idi, . Pengembangan kurikulum Teori dan Praktek .Jakarta: Gaya Media Pratama. 1999
Aqib, Zainal. Profesional Guru dalam pembelajaran Pen. PT. Raja Grafindo Persada
Ari Ainanjar Agustian. Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual. Jakarta: Arga. 2001.
Arifin. Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Bumi angkas.1989
Arikunto. Prosedur Penelitian. Rineka cipta; Jakarta. Tahun 1998.
Asmara, AS. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Bumi aksara. 2002
Darajat, Zakiah, DKK. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 1996
Djanarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. 1994
Kurikulum KTSP Bidang Studi Agama Islam. 2004.
Mudzakir, Ahmad, Sutrisno, Joko. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. 1996
Nata. Pradigma Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana. 2001
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.1998.
Zakiah Drajat. Dasar-Dasar Islam, Universitas Terbuka. 2001.
Published
2020-12-30
How to Cite
Idhar, I. (2020, December 30). KONSEPTUALISASI PEMBINAAN SHALAT BERBASIS PEMBANGUNAN KRAKTER PESERTA DIDIK. Fashluna: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 1(02), 51-65. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fashluna.v1i02.278
Section
Articles