PENGARUH PENERAPAN TEKNIK TOKEN EKONOMI TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK WAHYU KABUPATEN GOWA

  • Fasdhillah Fasdhillah Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Nurhidayah Ilyas Universitas Negeri Makassar
  • A. Sri Wahyuni Asti Universitas Negeri Makassar
Keywords: Teknik Token Ekonomi, Kemandirian

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh teknik token ekonomi terhadap kemandirian anak usia lima dan enam tahun di TK Wahyu Kabupaten Gowa. Strategi kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan tiga puluh dua siswa TK Wahyu di Kabupaten Gowa, yang berusia lima hingga enam tahun. Purposive sampling adalah metode pengambilan sampel penelitian ini, sehingga menghasilkan total 24 sampel, 12 setiap kelompok terdiri dari dua belas anak. Analisis non parametrik dan juga analisis statistik deskriptif digunakan sebagai metode yang untuk memperoleh data. Hasil kemandirian anak kelompok eksperimen diperoleh nilai Z sebesar -3,068 dan sig(2-tailed) nilainya sebesar 0,002 < 0,05 hasil output uji Wilcoxon. Diperolah bahwa kemandirian anak berbeda-beda sebelum dan sesudah mendapat perlakuan berdasarkan temuan penelitian. Diketahui penggunaan teknik token ekonomi di TK Wahyu Kabupaten Gowa berpengaruh terhadap kemandirian anak usia lima sampai enam tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, Ani Nur. Penddikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD. 1st ed. UPI Press, 2014.
Alqahtani, Ragea Mohammad. “The Effects of a Token Economy System to Improve Social, Academic, and Behavior Skills with Children in KSA.” International Journal of Learning and Development 10, no. 3 (July 20, 2020): 11.
Amalo, Indri Graecela, and Ajeng Ayu Widiastuti. “Pengaruh Penggunaan Token Ekonomi Dalam Menurunkan Perilaku Disruptif Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (July 11, 2020): 500.
Angri Lismayani and Muhammad Isbar Pratama. “Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini” (October 25, 2023). https://zenodo.org/doi/10.5281/zenodo.10205328.
Anista, Dewi Zhintia Noor, Rosyida Nurul Anwar, and Sofia Nur Afifah. “Penerapan Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Lembaga PAUD.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 2 (October 30, 2023): 10.
Aprilia, Fajri, and Junita Dwi Wardhani. “Efektivitas Penerapan Metode Token Ekonomi Terhadap Tingkat Kedisiplinan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 2 (March 26, 2023): 1787–1798.
Asti, Andi Wahyuni, and Syamsuardi Saodi. “Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 3, no. 1 (February 22, 2021): 42.
Bachtiar, Muhammad Yusri, Herlina Herlina, and Sitti Nurhidayah Ilyas. “Model Bermain Konstruktif Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak TK.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 4 (February 1, 2022): 2802–2812.
Bourne, Paul Andrew. “A Token Economy: An Approach Used for Behavior Modifications among Disruptive Primary School Children.” MOJ Public Health 7, no. 3 (2018). Accessed November 28, 2023. https://medcraveonline.com/MOJPH/a-token-economy-an-approach-used-for-behavior-modifications-among-disruptive-primary-school-children.html.
Brophy, Jere E. “Fostering Student Learning and Motivation in the Elementary School Classroom.” In Learning and Motivation in the Classroom, edited by Scott G. Paris, Gary M. Olson, and Harold W. Stevenson, 283–306. 1st ed. Routledge, 2017. Accessed November 28, 2023. https://www.taylorfrancis.com/books/9781351743365/chapters/10.4324/9781315188522-15.
Deniati, Ernia, Diana Dwi Jayanti, Dina Fitriana, and Imas Jihansyah. “Efektivitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini 4-6” (2023).
Hackenberg, Timothy D. “Token Reinforcement: Translational Research and Application.” Journal of Applied Behavior Analysis 51, no. 2 (April 2018): 393–435.
Ilyas, Sitti Nurhidayah, and A Sri Wahyuni Asti. “Aplikasi Montessori Inspired Activity dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di TK Areta Amata School Makassar” (2021).
Imam Musbikin. Penguatan Karaker Mandiri, Tanggung Jawab Dan Cinta Tanah Air. Nusa Media, n.d.
Ivy, Jonathan W., James N. Meindl, Eric Overley, and Kristen M. Robson. “Token Economy: A Systematic Review of Procedural Descriptions.” Behavior Modification 41, no. 5 (September 2017): 708–737.
Kim, Ji Young, Daniel M. Fienup, Alice E. Oh, and Ye Wang. “Systematic Review and Meta-Analysis of Token Economy Practices in K-5 Educational Settings, 2000 to 2019.” Behavior Modification 46, no. 6 (November 2022): 1460–1487.
Maria Ulfa and Alit Ferdian. Thi Kids Supervivor (Menumbuhkan Karakter Anak). Banda Aceh, Aceh: Syiah Kuala University Press, 2022.
Muhammad Soleh Hapudin. Pengantar Ilmu Pendidikan (Memasuki Era Revolusi Industri 4.0). 1st ed. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2022.
Prima, Elizabeth, and Putu Indah Lestari. “Penerapan Token Economy Dalam Meningkatkan Active Learning Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (November 27, 2020): 1430–1440.
———. “Penerapan Token Economy Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (November 25, 2019): 268.
Rianti, Ni Luh Winda, I Nyoman Jampel, and Putu Rahayu Ujianti. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BEHAVIORISTIK MELALUI TEKNIK TOKEN ECONOMY TERHADAP PERILAKU DISIPLIN DI TAMAN KANAK-KANAK GUGUS V SINGARAJA” 5, no. 1 (2017).
Rina Oktaviana and Siti Patmawati. “Pengaruh Teknik Behavior Contract Terhadap Peningkatan Kemandirian Pada Anak.” Psikostudia : Jurnal Psikologi 11 No.4 (2022): 633–646.
Robacker, Cassie M., Christopher J. Rivera, and Sandra H. Warren. “A Token Economy Made Easy Through ClassDojo.” Intervention in School and Clinic 52, no. 1 (September 2016): 39–43.
Rusmayadi. “Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Keterampilan Sosial Terhadap Anak Usia Dini.” Early Childhood Education Jurnal of Indonesia 2, no. 1 (2019): 23–30.
Rusmayadi, Rusmayadi, and Herman Herman. “Effects of Social Skills on Early Childhood Independence.” Journal of Educational Science and Technology (EST) (August 30, 2019): 159–165.
Sunarty, Kustiah, and Gufran Darma Dirawan. “Development Parenting Model to Increase the Independence of Children.” International Education Studies 8, no. 10 (September 28, 2015): p107.
Tan, Kim Hua, Mathura Kasiveloo, and Imran Ho Abdullah. “Token Economy for Sustainable Education in the Future: A Scoping Review.” Sustainability 14, no. 2 (January 10, 2022): 716.
Titi Huriah. Metode Student Center Learning: Aplikasi Pada Pendidikan Keperawatan. 1st ed. Prenada Media Group, 2018.
Visaria, Sujata, Rajeev Dehejia, Melody M. Chao, and Anirban Mukhopadhyay. “Unintended Consequences of Rewards for Student Attendance: Results from a Field Experiment in Indian Classrooms.” Economics of Education Review 54 (October 2016): 173–184.
Widya, Dhea, and Yusi Amalia Sri Wantina. “THE IMPLEMENTATION OF REWARD AND PUNISHMENT TOWARDS STUDENT PERCEPTION IN ENGLISH LEARNING AT IKIP SILIWANGI.” PROJECT (Professional Journal of English Education) 2, no. 6 (October 6, 2019): 776.
Williamson, Robert L., and Chelsea McFadzen. “Evaluating the Impact of Token Economy Methods on Student On-Task Behaviour within an Inclusive Canadian Classroom.” International Journal of Technology and Inclusive Education 9, no. 1 (June 30, 2020): 1531–1541.
“Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan,” n.d.
Published
2024-04-16
How to Cite
Fasdhillah, F., Ilyas, S., & Asti, A. S. (2024, April 16). PENGARUH PENERAPAN TEKNIK TOKEN EKONOMI TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK WAHYU KABUPATEN GOWA. FASHLUNA, 5(1), 11-22. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fashluna.v5i1.568
Section
Articles