Penerapan Manajemen Qolbu Dalam Membentuk Lingkungan Belajar Yang Religius di Sekolah Dasar Daarut Tauhid Bandung

  • Queen Elvina Sevtivia Asrivi Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal - Indonesia
  • Faizin Faizin Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal - Indonesia
Keywords: Manajemen Qolbu, Lingkungan Belajar Religius, Pendidikan Karakter

Abstract

This study aims to explore the implementation of the Manajemen Qolbu (MQ) concept in shaping a religious learning environment at SD Daarut Tauhiid Bandung. MQ is a spiritual-based educational approach that emphasizes the management of the heart (qalbu) as the center of moral, ethical, and spiritual awareness. Using a descriptive qualitative method, data were collected through observations, in-depth interviews, and documentation. The findings reveal that MQ is systematically integrated into daily school activities, including morning and evening dzikr, collective prayers, spiritual mentoring, and the modeling of good character by teachers. The unique Daarut Tauhiid curriculum, based on seven core pillars tauhid, manners (adab), exemplary behavior, independence, spiritual habits, integration of religious and secular knowledge, and social care supports the creation of a harmonious, inclusive, and spiritually rich learning atmosphere. MQ contributes significantly to improving student discipline, empathy, self-awareness, emotional regulation, and intrinsic motivation. Despite facing challenges such as limited time and varying levels of understanding among educators and students, the structured implementation of MQ proves to be an effective character education strategy. This research highlights MQ as a holistic and contextual solution for integrating spiritual values into formal education and offers a replicable model for other primary schools seeking to nurture students with strong religious and moral foundations.

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan konsep Manajemen Qolbu (MQ) dalam membentuk lingkungan belajar yang religius di SD Daarut Tauhiid Bandung. MQ merupakan pendekatan spiritual yang berfokus pada pengelolaan hati (qalbu) sebagai pusat kesadaran moral dan akhlak. Melalui Metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MQ terintegrasi dalam berbagai aspek pembelajaran dan budaya sekolah, seperti pembiasaan dzikir, doa harian, mentoring ruhiyah, serta keteladanan guru. Kurikulum khas Daarut Tauhiid yang berbasis pada tujuh pilar utama tauhid, adab, keteladanan, kemandirian, dzikir, integrasi ilmu, dan kepedulian sosial mendukung terwujudnya lingkungan belajar yang spiritual, harmonis, dan kondusif. Penerapan MQ terbukti meningkatkan kedisiplinan, empati, ketenangan batin, dan motivasi belajar siswa. Namun, implementasi MQ juga menghadapi tantangan, seperti keterbatasan waktu dan resistensi awal dari sebagian guru atau siswa. Penelitian ini merekomendasikan pembinaan guru yang berkelanjutan dan integrasi formal MQ dalam kebijakan sekolah untuk keberlanjutan program. MQ terbukti menjadi strategi efektif dalam pembentukan karakter religius dan lingkungan belajar yang rahmatan lil 'alamin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Muiz, Ahmad Sukandar, and Husen Saepul Insan. “Pembiasaan Berdo’a Sebelum Belajar Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sikap Spiritual (Studi Deskripsi Di Madrasah Aliyah Cilenga Dan Madrasah Al-Hamidiyah Cipancur Kabupaten Tasikmalaya).” Jurnal Ilmiah Edukatif 8, no. 1 (2022): 49–62. https://doi.org/10.37567/jie.v8i1.1211.

Chalil, Komarudin. “Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Manajemen Qalbu (Penelitian Di SMK Darut Tauhid Boarding School Bandung).” Jurnal Syntax Admiration 1, no. 8 (2020): 1135–53.

Fatma Kholifatul Nur Aziza. Implementasi Manajemen Qolbu Dalam Membentuk Akhlak Santri Di Pondok Pesantren An-Nur Dusun Klego Desa Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2020. IAIN SALATIGA, June 26, 2020. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8683.

Fauziah, Asmah Rohma Fatul, and Retno Widyaningrum. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas IV di MI Nurul Ulum. 2, no. 2 (2024).

Gymnastiar, Abdullah. Meraih Bening Hati Dengan Manajemen Qolbu. Gema Insani, 2002.

Junaidin, Junaidin. “Spiritual Approach and Development of the Insan Kamil Character.” Fusshilat : Jurnal Studi Pendidikan Dan Keislaman 1, no. 1 (August 2024): 38–46. https://doi.org/10.47625/fusshilat.v1i1.769.

Manshur, Ahmad. “Inovasi Pendidikan Akhlak Berbasis Manajemen Qolbu.” AL AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN 1, no. 1 (2019): 21–29. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/AL-AUFA/article/view/1175.

Mukhtar, Zulfadhly, Hakmi Kurniawan, Nurul Zaman, Iskandar Arnel, and Hakmi Hidayat. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Konsep Manajemen Qalbu Menurut KH. Abdullah Gymnastiar (AA Gym). n.d.

Mumtahanah. “Inovasi Pendidikan Akhlak Berbasis Manajemen Qolbu Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik.” MARUKI: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian 2, no. 2 (2024): 51–60.

Musrifah, M. “Manajemen Qolbu Dalam Perspektif Psikologi Islam.” ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan 1, no. 2 (2019): 112–23. https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/21.

Nurgiansah, T Heru. “Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (June 2022): 7310–16. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481.

Nurhuda, Abid. “The Role of Qolbu Management in Building Ideal Muslim Personality.” JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian 3, no. 3 (2022): 64–72. https://www.academicareview.com/index.php/jh/article/view/98.

Risanti Rachmawati, Fanny, and Heri Yusuf Yusuf Muslihin, Muslihin. “Penanaman Sikap Sopan Santun Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Keluarga.” Jurnal PAUD Agapedia 6, no. 2 (2022): 175–81.

Suriani, Irda. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Yang Religius Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 10, no. 1 (2022): 104–19. http://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/DI/article/view/13168.

Wasriyani, Norina. “Penanaman Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Inayatushshibyan 2 Kota Banjarmasin.” Jurnal Tunas Bangsa 10, no. 2 (2023): 92–104. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i2.2061.
Published
2025-08-25
How to Cite
Asrivi, Q., & Faizin, F. (2025, August 25). Penerapan Manajemen Qolbu Dalam Membentuk Lingkungan Belajar Yang Religius di Sekolah Dasar Daarut Tauhid Bandung. FASHLUNA, 6(2), 89-100. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fashluna.v6i2.1048
Section
Articles