IMPLEMENTASI KURIKULUM GANDA (KTSP DAN KURIKULUM 2013) DI MIN 5 BIMA PADA KELAS IV A

  • Jamiin Jamiin STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Kurikulum, Kurikulum Ganda,, KTSP, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya ketidaksesuaian antara buku guru dan buku peserta didik serta penyajian materi pada buku K13 yang masih minim pada kelas IV. Maka peneliti melakukan mini riset di MIN 5 Bima untuk mengetahui sejauh mana implementasi kurikulum 2013 dan bagaimana tanggapan guru tentang ketidaksesuaian materi pada kelas IV (buku guru maupun buku peserta didik) serta minimnya penyajian materi pada buku tersebut.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik analisis dokumen atau studi dokumenter, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejak tahun 2013-2014 untuk mini piloting pada kelas IV. Upaya yang dilakukan untuk menanggulangi ketidaksesuaian materi (buku guru dan buku peserta didik) serta penyajian materi yang masih terbatas sehingga sekolah menerapkan dua kurikulum yaitu Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 yang terdiri dari berbagai tema. Hasil penelitian ini berdampak pada bagaimana menerapkan kurikulum ganda guna menciptakan generasi yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi serta dapat mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Furhan. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.

Mansur Muslich. 2007. KTSP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muhaimin Dkk. 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhaimin Dkk. 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006, hlm. 72.

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK / RA Dan Anak Kelas Awal SD / MI Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Internet:
Fadila Adelin 02 Mei 2015 20:08 https://www.brilio.net/news/sudah-11-kali-ganti-ini- beda-kurikulum-pendidikan-dari-masa-ke-masa-
150502x.html diakses
Published
2020-03-17
How to Cite
Jamiin, J. (2020, March 17). IMPLEMENTASI KURIKULUM GANDA (KTSP DAN KURIKULUM 2013) DI MIN 5 BIMA PADA KELAS IV A. FASHLUNA, 1(01), 9-30. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fashluna.v1i01.215
Section
Articles