ANALISIS KEMAMPUAN MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS V SD/MI PADA PEMBELAJARAN MATERMATIKA

  • Zumratun Zumratun STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Analisis Kemampuan pemecahan masalah,, Kemampuan Penalaran Siswa Pada Pembelajaran Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kemampuan penalaran siswa kelas V SD/MI pada pembelajaran matematika secara mendalam berdasarkan penalaran siswa yang dilihat dari aspek kognitifnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan permasalahan atau soal matematika. Di satu sisi pemecahan masalah matematika penting, namun di sisi lain siswa sering mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah matematika.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan model kualitatif deskriptif sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis dokumen atau studi dokumenter.

Adapun hasil analisis pada kemampuan masalah ditinjau dari kemampuan penalaran siswa kelas V SD/MI pada pembelajaran matematika adalah sudah mampu membedakan, mengurut, mengelompokkan, dan menyelesaikan suatu permasalahan atau persoalan secara logis. Namun, pada tahap ini penalaran siswa masih terbatas karena pada tahap ini kemampuan siswa mengarah ke operasional kongkrit. Dengan kata lain, siswa juga membutuhkan suatu yang nyata, fakta dan contoh yang kongkrit. Kemudian siswa juga memerlukan bimbingan maupun arahan dari guru supaya proses pembelajaran berjalan dengan optimal.

 

Kata kunci: Analisis Kemampuan pemecahan masalah, Kemampuan Penalaran Siswa Pada Pembelajaran Matematika

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Mubiar. 2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Refika Aditanma: Bandung.

Basuki Ismet dan hariyanto. 2016. Assesmen Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Evans R. James. 1994. Berpikir Kreatif dalam Pengamibilan Keputusan dan Manajemen: Jakarta: Bumi Aksara.

Fadjar Shadiq, 2014, Strategi Pemodelan pada Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Furhan, 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Yoogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayati Anisatul, 2015. Proses Penalaran Matematis siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri, Jurnal: Unp Jurusan Program Studi Pendidikan Matematika.

Karomani, 2009. Logika: Jakarta: Graha Ilmu

Majid Abdul, 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Cet. II. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Maran rafael Raga, 2007. Pengantar Logika. Jakarta: Grasindo Nurfuadi. 2012, Profsionalisme Guru. STAIN Press: Purwokerto.

Prastowo, 2014. Pengembangan Materi Ajar Tematik: Jakarta: Kencana.

Sukmadinata Nana Syaodih dan Erlin Syaodih, 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.

Sukmadinata Nana Syaodih, 2006. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Upton, Penney, 2012. Pikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Wazdy Salin dan Suyitman, 2014. Mehamai Kurikulum 2013, Cet. I. Yogykarta: IAINU Kebumen.
Published
2020-03-17
How to Cite
Zumratun, Z. (2020, March 17). ANALISIS KEMAMPUAN MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS V SD/MI PADA PEMBELAJARAN MATERMATIKA. FASHLUNA, 1(01), 31-49. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fashluna.v1i01.216
Section
Articles