TRANSFORMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KALIBATAKU DI SDN 07 KUMBE : INOVASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENINGKATAN NUMERASI

  • Nurhasanah Nurhasanah STIT Sunan Giri Bima
Keywords: Kalibataku, Augmented Reality, Numerasi, Pembelajaran Matematika, Sedolah Dasar

Abstract

The transformation of mathematics learning in elementary schools faces challenges in enhancing students' numeracy skills, particularly in presenting abstract concepts in a concrete and engaging manner. This study aims to examine the effectiveness of Kalibataku, an Augmented Reality (AR)-based application, in improving numeracy skills and learning motivation of students at SDN 7 Kumbe in Kota Bima. The method used is a quasi-experimental design with a pretest-posttest on two groups: an experimental group using Kalibataku and a control group using conventional teaching methods. The study participants consisted of 30 third-grade students who were randomly divided into these two groups. Data was collected through numeracy tests, learning motivation questionnaires, and observation sheets. The results indicate that the group using Kalibataku experienced a significant increase in numeracy skills and learning motivation compared to the control group (p<0.05). Observations also showed that students were more active and enthusiastic during the learning process. These findings suggest that the use of AR technology in mathematics learning can help students better understand numeracy concepts and increase their interest in learning. Thus, Kalibataku can serve as an innovative alternative to support mathematics education in elementary schools. However, adequate device support and teacher training are needed to optimize the implementation of this technology.

ABSTRAK

Transformasi pembelajaran matematika di sekolah dasar menghadapi tantangan dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa, terutama dalam menyajikan konsep-konsep abstrak secara konkret dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas Kalibataku, sebuah aplikasi berbasis Augmented Reality (AR), dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan motivasi belajar siswa SDN 7 Kumbe Kota Bima. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest pada dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan Kalibataku dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Partisipan penelitian terdiri dari 30 siswa kelas 3 SD yang dibagi secara acak ke dalam dua kelompok tersebut. Data dikumpulkan melalui tes numerasi, kuesioner motivasi belajar, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang menggunakan Kalibataku mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan numerasi dan motivasi belajar dibandingkan kelompok kontrol (p<0,05p < 0,05p<0,05). Observasi juga menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan antusias selama pembelajaran berlangsung. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan teknologi AR dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami konsep numerasi dengan lebih baik dan meningkatkan minat belajar mereka. Dengan demikian, Kalibataku dapat menjadi alternatif inovatif untuk mendukung pembelajaran matematika di sekolah dasar. Namun, perlu adanya dukungan perangkat yang memadai dan pelatihan guru untuk mengoptimalkan implementasi teknologi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chao, Wen-Hung, and Rong-Chi Chang. “Using Augmented Reality to Enhance and Engage Students in Learning Mathematics.” Advances in Social Sciences Research Journal 5, no. 12 (2018): 455–464.

Demitriadou, Eleni, Kalliopi Evangelia Stavroulia, and Andreas Lanitis. “Comparative Evaluation of Virtual and Augmented Reality for Teaching Mathematics in Primary Education.” Education and Information Technologies 25, no. 1 (2020): 381–401.

Dewi, Kusuma, and Alfi Sahrina. “Urgensi Augmented Reality Sebagai Media Inovasi Pembelajaran Dalam Melestarikan Kebudayaan.” Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S) 1, no. 10 (2021): 1077–1089.

Hadi, Hidayatul, Dea Zahrani, and Universitas Mataram. “Peningkatan Hasil Belajar Geometri Dan Aritmatika Sosial Improving Geometry and Social Arithmetics Learning Outcomes for Fifth-Grades Students Using Augmented” 4, no. 2 (2024): 135–141.

Handayani, Rosdiana, Dian Hawazi, and Universitas Mataram. “Penggunaan Media Augmented Reality Berpendekatan Tarl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Use Of Augmented Reality Media Using A Tarl Approach To Improve Primary School Students ’ Mathematics Learning” 4, no. 2 (2024): 91–100.

Hermawan, Agus, and Saptono Hadi. “Realitas Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Siswa.” Jurnal Simki Pedagogia 7, no. 1 (2024): 328–340.

Kauengnit, Boonon, and Sangsawang Thosporn. “Augmented Reality Activity On Mathematics Subject In Addition And Subtraction Of Numbers Up To A Hundred Thousand For Learning Disabilities Primary 5 ( Grade5 ) Students” 23, no. 1 (2024): 214–225.

Kleden, M A, A Atti, and M Lobo. “Pembuatan Dan Pendampingan Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar.” Jurnal TEKMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2021): 10–19. http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/5916.

Komala, Suci. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Datar Sederhana Melalui Alat Peraga Geometri Kelas I Sekolah Dasar Negeri Sukamenak Subang.” Biormatika Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang 3, no. 2 (2017).

Luh, Ni, Putu Gopi Janawati, Baiq Megarani Mozarita, and Nur Imama. “Desain Didaktis Matematika Berbantuan Lkpd Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar.” Renjana Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2024).

Mukhtar, Eragilang, Sudjani Sudjani, and Nandan Supriatna. “Pengaruh Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Di SMK.” Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan 3, no. 2 (2023): 101–116. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPTB/article/view/56956.

Munir, Nilam Permatasari. “Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality ( AR ) Pemodelan Bangun Ruang Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pendahuluan.” Refleksi 12, no. 3 (2024): 149–160.

Nufus, Rohmalia Hayatun, Riesta Octoviani, Siti Eliyana, and Indah Juwita Sari. “The Implementation of the Teaching Campus Program on Students’ 21st Century Skills: A Systematic Review.” Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang 3, no. 2 (2023): 278–294.

Nurhasanah. “Analysis of Teachers ’ Difficulties in Implementing the Mathematics Learning Process at SDN 07 Kumbe , Bima City.” Fusshilat : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 1, no. 1 (2024): 30–37.

OMURTAK, Esra, and Gülçin ZEYBEK. “The Effect of Augmented Reality Applications in Biology Lesson on Academic Achievement and Motivation.” Journal of Education in Science, Environment and Health, no. September (2022): 40–48.

Ristiana Bunga, Widiyono Aan. “Berbantuan Augmented Reality Bangun Ruang Info Artikel” 7, no. 2 (2024): 112–126.
Sagita, Mira, and Nia Kania. “Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 1 (2019): 570–576.

Sari, Indah Purnama, Ismail Hanif Batubara, Al Hamidy Hazidar, and Mhd Basri. “Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran.” Hello World Jurnal Ilmu Komputer 1, no. 4 (2022): 209–215.

Sholeha, Rizka, Moazi Jaya, and Ibnu Muthi. “Penggunaan Alat Peraga Kotak Geometri Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Datar” 2, no. 8 (2024): 371–375.

Tohir, Ahmad, Fitriah Handayani, Ria Sulistiana, Vandan Wiliyanti, Teguh Arifianto, and Liza Husnita. “Augmented Reality Dalam Proses Pemahaman Pembelajaran.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 7, no. 3 (2024): 8.

Wardani Kusuma Andreanna, Raharjo Joko Tri, Etc. “Studi Literatur: Pengembangan Kota Geometri Board Sebagai Alat Peraga Pemahaman Konsep Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Didactical Mathematics 4, no. April (2022): 23–30.

Zaid, Muhammad, Firdha Razak, and A. Aztri Fithrayani Alam. “Keefektifan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis STEAM Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu 2, no. 2 (2022): 59–68.

Zulfa, Laila, Diana Ermawati, and Lovika Ardana Reswari. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Kelas V.” Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 14, no. 4 (2023): 509–514. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria.
Published
2025-03-10
How to Cite
Nurhasanah, N. (2025, March 10). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KALIBATAKU DI SDN 07 KUMBE : INOVASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENINGKATAN NUMERASI. FASHLUNA, 6(1), 1-11. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fashluna.v6i1.815
Section
Articles