PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA SDN 8 METRO BARAT

  • Ade Gilda Fentika Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung - Indonesia
  • Satria Nugraha Adiwijaya Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung - Indonesia
Keywords: Cooperative Integrated Reading, CIRC, Model Pembelajaran

Abstract

This research aims to improve students reading comprehension skills through the Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) model in fourth grade students at SD Negeri 8 Metro Barat. This study uses the Classroom Action Research (CAR) type which is carried out in two cycles, with each cycle consisting of three meetings. Each cycle has four stages of activity, namely, planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this study were 25 fourth grade students of SD Negeri 8 Metro Barat, consisting of 10 male students and 15 female students. Data collection methods used include test sheets, observations and interviews. Data analysis techniques include quantitative and qualitative analysis. The results of the study showed that student learning outcomes in reading comprehension skills in the Indonesian language subject in cycle I were 40% and in cycle II there was an increase of 44% to 84%. From the results of observations in the learning process, there are factors that support the improvement of reading comprehension skills through the application of the CIRC model, namely student involvement in group work, student courage in expressing opinions, active in asking questions, and focus in learning. By using the CIRC model, students can be trained and encouraged to understand a reading text correctly and appropriately, so that it can improve students reading comprehension skills.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada siswa kelas IV di SD Negeri 8 Metro Barat. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus memiliki empat tahapan kegitan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas IV SD Negeri 8 Metro Barat, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup lembar tes, observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data meliputi analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I adalah 40% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 44% menjadi 84%. Dari hasil pengamatan pada proses pembelajaran terdapat faktor-faktor yang mendukung peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan model CIRC adalah keterlibatan siswa dalam kerja kelompok, keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat, aktif dalam bertanya dan fokus dalam pembelajaran. Dengan menggunakan  model CIRC ini dapat melatih dan mendorong siswa dalam memahami suatu teks bacaan dengan tepat dan sesuai, sehingga dapat meningkatkan kemapuan membaca pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, Viny Sarah, and Ika Yatri. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu PendidikanJurnal Ilmu Pendidikan 8, no. 2 (2023): 113–122.

Ambarita, Rahel Sonia, Neneng Sri Wulan, and D Wahyudin. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 2336–2344.

Arikunto, S. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara, 2021.

Ariyana, I Komang Sesara, and I Nengah Suastika. “Model Pembelajaran CIRC ( Cooperative Integrated Reading And Composition ) Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 22, no. 1 (2022): 203–211.
Asih, Riyanti. Keterampilan Membaca. Yogyakarta: Penerbit K-Media, 2021.

Asrori, and Rusman. Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru. Pena Persada. Purwokerto: Pena Persada, 2020.

Atha Arda Safira, and Muhammad Afthon Ulin Nuha. “Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Di MI Al Hidayah II Betak Kalidawir Tulungagung.” JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) 5, no. 2 (2023): 48–55.

Damaiyanti, Rizka, Hari Satrijono, Fajar Surya Hutama, Yuni Fitriyah Ningsih, and Ridho Alfarisi. “Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember Pada Masa Pembelajaran Daring.” Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar 8, no. 2 (2021): 75.

Dr. Aji Septiaji, M P, M P Risma Khairun Nisya, E F Syarifah, and P Adab. Gemar Membaca Terampil Menulis : Keterampilan Reseptif Dan Produktif Dalam Berbahasa. Jawa Barat: Penerbit Adab, 2023.

Hasibuan, Ainun Nisa, and Riris Nurkholidah Rambe. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Model CIRC (Coorporative Integrated Reading and Composition) Di Kelas IV SD Negeri 112331 Aek Kota Batu.” EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) 1, no. 1 (2022): 19.

Ilham, Muhammad, M. Syahrul Rizal, and Rizki Ananda. “Penggunaan Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar.” Perspektif Pendidikan dan Keguruan 13, no. 2 (2022): 42–51.

Karim, Melania Farikha, and Achmad Fathoni. “Pembelajaran CIRC Dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 5910–5917.

Kondoalumang, Susye Olga, Mersty Elisabeth Rindengan, and Juliana Margareta Sumilat. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 2710–2716.

Kurniawan, Ahcmad Sulu, Puji Prastowo, Darussalim, and Lily Primamori Harahap. “Antusiasme Belajar Siswa Kelas X Ilmu Pengetahuan Bahasa Pada Lintas Minat Biologi Di Man 2 Model Medan.” Jurnal Pelita Pendidikan 5, no. 1 (2020): 108–117.

Latifa, Husna Lailatul, and Haryadi Haryadi. “Penerapan Metode Pembelajaran CIRC Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Elementary School (JOES) 5, no. 2 (2022): 301–307.

Purwaningsih, Dewi. No Title (n.d.).

Rahmi, Yulia, and Ilham Marnola. “Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC).” Jurnal Basicedu 4, no. 3 (2020): 662–672.

Ratnasari, Desi, and Satria Nugraha Adiwijaya. “Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Kelas II Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition.” Journal of Integrated Elementary Education 3, no. 1 (2023): 87–97.

Riani, Nurulfat, Ngatman, and Kartika Chrsti Suryandari. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 6 Jatisari Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2020/2021.” Kalam Cendekia:Jurnal Ilmiah Kependidikan 9, no. 2 (2021): 569–574.

Ridwan, Ahmad, and Taufik Mustofa. “Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Plawad 04.” Ansiru Pai (2023): 276–283.

Samosir, Meysi Siahaan Lustani, Betty AS Pakpahan, and Andar Gunawan Pasaribu Oloria. “Pengaruh Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Oleh Guru Pak Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Balige.” Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 3, no. 3 (2024): 2978–2991.

Sampe, Markus, Maxsel Koro, and Estherana Vilalina Tunliu. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Sakteo Kecamatan Mollo Tengah Kabupaten Tts.” Journal of Character and Elementary Education 1, no. 3 (2023): 47–56.

Sari, Titi Puspita, and Ati Sukmawati. “Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap.” Indonesian Society and Religion Research 1 (2024): 9–21.

Sitorus, Feni Sulistiani, and Dorlan Naibaho. “Mengoptimalkan Kemampuan Guru Dalam Menyimpulkan Materi Pembelajaran.” Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen dan Katolik 1, no. 4 (2023).

Sukama, Hanifah Hanum, and Lily Aulia Puspita. Keterampilan Membaca Dan Menulis (Teori Dan Praktik). Convention Center Di Kota Tegal. Vol. 4. Yogyakarta: K-Media, 2023.

Sukarini, Ni Ketut. “Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (Circ) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.” Journal of Education Technology 3, no. 3 (2019): 155.
Published
2025-04-29
How to Cite
Fentika, A., & Adiwijaya, S. (2025, April 29). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA SDN 8 METRO BARAT. FASHLUNA, 6(1), 52-65. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fashluna.v6i1.816
Section
Articles