STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Teachers have a significant influence on changes in student behavior. Writing, reading, listening and speaking skills are important abilities that every student needs to have. Based on the results of observations at SDN 05 Metro Timur, there are still a number of students in high classes who have not mastered reading skills well, such as being unable to differentiate between the letters a and i and g and s, and still reading by spelling and not being able to read fluently. The aim of this research is to identify various strategies implemented by teachers in overcoming elementary school students' reading difficulties. The method applied in this research is descriptive qualitative, with data collection carried out through interviews, observation and documentation. The research results show that 1) the impact of reading difficulties can affect students' learning activities in class, and students who are not yet able to read will definitely be left behind when receiving and processing new knowledge. 2) The strategies implemented by the teacher include dictating and writing on the blackboard, using phonics reading methods, holding discussions, and providing motivation so that students continue to learn to read.
ABSTRAK
Guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perubahan perilaku siswa. Keterampilan menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara adalah kemampuan penting yang perlu dimiliki oleh setiap peserta didik. Berdasarkan hasil observasi di SDN 05 Metro Timur, masih terdapat sejumlah siswa di kelas tinggi yang belum menguasai kemampuan membaca dengan baik., seperti ketidakmampuan membedakan huruf a dan i serta g dan s, serta masih membaca dengan cara mengeja dan belum mampu membaca dengan lancar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai strategi yang diterapkan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa sekolah dasar.. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dampak dari kesulitan membaca dapat memengaruhi aktivitas belajar siswa di kelas, dan siswa yang belum mampu membaca pasti akan tertinggal saat menerima dan memproses pengetahuan baru. 2) Strategi yang diterapkan oleh guru meliputi mendikte dan menuliskan di papan tulis, menggunakan metode membaca fonik, mengadakan diskusi, serta memberikan motivasi agar siswa terus belajar membaca.
Downloads
References
Adawiyah, Rabiatul, Ali Karim, and Yunidar. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Diskusi Siswa Kelas IV SDN Inti Tomoli.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 5, no. 3 (2014): 2354–614.
Ananda, Virania, Mawardi Mawardi, and Asep Suhendar. “Analisis Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas Ii Sdn Petir 4 Kota Tangerang.” Jurnal Elementary 5, no. 2 (2022): 129.
Azizah Cahyatul, Restika Sari, and Tika Dwi Astari. “Pengaruh Metode Eja Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Rendah.” Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya 3, no. 1 (2024): 197–206.
Azkiya, Nurul, and Syamsu Ridhuan. “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas III SDN Duri Kepa 03 Jakarta Barat.” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 12, no. 1 (2023): 125.
El-yunusi, Muhammad Yusron Maulana. “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Dan Menulis Di Sekolah Dasar Alami Driyorejo Gresik” 8, no. 3 (2024): 2187–2195.
Jannah, Na’imatul, Dilla Fadhila, and Enawar Enawar. “Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas 2 Sdn Sukasari Ii Kabupaten Tangerang.” Jurnal Elementary 5, no. 1 (2022): 6.
Juhaeni, Juhaeni, Agista Ifain, Asadine Silmi Kurniakova, Azmi Tahmidah, Dwi Nur Arifah, Siti Faridha Friatnawati, Safaruddin Safaruddin, and R. Nurhayati. “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Journal of Instructional and Development Researches 2, no. 3 (2022): 126–134.
Khairina, Dita, Heri Hadi Saputra, and Itsna Oktaviyanti. “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Dan Menulis Permulaan Siswa Kelas Rendah SDN 20 Cakranegara.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 1 (2023): 305–311.
Melisya, Melisya Putri, Murjainah Murjainah, and Mega Praseihammi. “Pengembangan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sd.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 9, no. 1 (2023): 1–8.
Mentari, Indah, and Ainur Rosyid. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Online Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IVB Di SDN Cengkareng Timur 05.” Jurnal Perseda IV, no. 2 (2021): 113–119.
Muammar. Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Edited by Hilmiati. Mataram: Sanabil, 2020.
Mufidatul Helwah, Delfi, Kustiani Arisati, and Nani Zahrotul Mufidah. “Metode SAS Sebagai Solusi Guru Dalam Meningkatkan Membaca Di Kelas Pemula Madarsah Ibtidaiyah.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 1 (2023): 1–9.
Primasari, Ika Firma Ningsih Dian, and Asep Supena. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021): 1799–1808.
Putri Hendika, Aprillia, and Febrina Dafit. “Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD Negeri 99 Pekanbaru.” Jurnal Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 1 (2024): 1093–1100.
Rahmawati, Meilina, Ibadullah Malawi, and Soehartini. “Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) Dengan Pendekatan Tarl (Teaching At Theright Level) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV” 10 (2024).
Roudlotul, Nida, Riga Zahara Nurani, and Hatma Heris Mahendra. “Analisis Kemampuan Dan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SD Negeri Sambong Permai.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 1 (2023): 4317–4330.
Rusandi, and Muhammad Rusli. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2, no. 1 (2021): 48–60.
Safitri, Vira, and Febrina Dafit. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (2021): 1356–1364.
Setiawan, Tri Yudha Setiawan. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 2, no. 2 (2021): 176–179.
Tarigan, henry guntur. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: angkasa bandung, 2021.
Wisuda Lubis, Silvia Sandi, Al Juhra, and Nur Helmi. “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca, Menulis, Dan Menghitung (Studi Kasus Pada Sdn Kuta Pasie Kabupaten Aceh Besar).” Pionir: Jurnal Pendidikan Volume 11 (2022).
Copyright (c) 2025 Belgis Adellia, Wianda Puspita Handayani, Cantika Aurelia, Firma Andrian, Satria Nugraha Adiwijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.