IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI BUDAYA BIMA SEJAK DINI PADA SEKOLAH DASAR

  • Trimansyah Trimansyah STIT Sunan Giri Bima
Keywords: Pembelajaran IPS, Kearifan Lokal, Nilai-nilai Budaya Bima

Abstract

This study aims to examine the implementation of Social Science (IPS) learning based on local wisdom in instilling Bima cultural values from an early age in elementary school students. Social Science learning based on local wisdom is expected to help students understand and appreciate the culture and traditions of the Bima community. This study employs a descriptive qualitative approach with data collection techniques that include discussion, observation, simulation, and interviews with local communities to explore cultural values such as mutual cooperation, honesty, and social responsibility embedded in Bima culture, such as agriculture, trade, economy, and traditional Bima crafts. The data analysis technique involves data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of the study indicate that the implementation of Social Science learning based on local wisdom can enhance students' understanding of applying Bima cultural values. It also strengthens their awareness of the importance of preserving regional culture. Furthermore, students show improvements in attitudes and behaviors that reflect Bima cultural values, such as honesty, discipline, mutual cooperation, responsibility embodying the meaning of the Bima cultural principle "Maja Labo Dahu" and environmental awareness.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis kearifan lokal dalam menanamkan nilai-nilai budaya Bima sejak dini pada siswa Sekolah Dasar. Pembelajaran IPS yang berbasis pada kearifan lokal diharapkan dapat membantu siswa memahami dan menghargai budaya serta tradisi masyarakat Bima. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data dengan penerapan metode diskusi, observasi, simulasi, dan wawancara dengan masyarakat setempat untuk menggali nilai-nilai budaya seperti gotong royong, kejujuran, dan tanggung jawab sosial yang terkandung dalam budaya Bima, seperti pertanian, perdagangan, ekonomi, dan teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menerapkan nila-nilai budaya Bima. Serta dapat memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya melestarikan budaya daerah. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai budaya Bima, seperti kejujuran, disiplin, gotongroyong, tanggungjawab sebagai makna implementasi nilai budaya Bima “Maja Labo Dahu” dan kepedulian terhadap lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmara, Yeni. “Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna Dengan Pendekatan Kontektual.” Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora 2, no. 2 (2019): 105–120.

Atmodjo, Djoko. “Pembelajaran Ips Berbasis Kearifan Lokal Di SMP Negeri 3 Nawangan Kabupaten Pacitan.” JH (Jurnal Humaniora) 8, no. 03 (2021).

Caitriana, S. Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Sedekah Nasi Kepel Dalam Menanamkan Nilai Sosial Dan Nilai Religius Di MTs NU Miftahul Ulum …. repository.iainkudus.ac.id, 2023.

Hadi, E. S. “Penerapan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Budaya Masyarakat Desa Pakisrejo Tangunggunung Sebagai Sumber Pembelajaran IPS.” INSPIRASI: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial (2020).

Harun, Amat Jaedun, and Abdul Manaf Sudaryanti. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Multi Kultural Dan Kearifan Lokal Bagi Siswa PAUD. UNY Press, 2020.

Januardi, Arif, Superman Superman, and Syafrial Nur. “Integrasi Nilai-Nilai Tradisi Masyarakat Sambas Dalam Pembelajaran Sejarah.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4, no. 2 (2024): 794–805.

Munir, Abdul. “Integrasi Nilai-Nilai Budaya Bima Dalam Bahan Ajar Pendidikan Islam.” Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 2, no. 1 (2018): 329–340.

Nugraha, Nurhadji. “Pentingnya Pembelajaran Kontekstual Untuk Membentuk Karakter Siswa.” Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 1, no. 1 (2012): 21–41.

Pratama, Aji, Wirman Wirman, and Ryandi Ryandi. “Korelasi Kearifan Lokal Dengan Kepercayaan Lokal Terhadap Tolak Bala Di Paluta.” YASIN 3, no. 6 (2023): 1358–1369.

Purnani, S. N., and F. Mulianingsih. “Implementasi Pembelajaaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Di SMP Negeri 2 Jatinom Kabupaten Klaten.” … : Jurnal Pembelajaran IPS (2020). https://journal.unnes.ac.id/sju/sosiolium/article/view/39847.

Ramdani, Emi. “Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter.” JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10, no. 1 (2018): 1–10.

Riyadi, R. “Implementasi Nilai-Nilai Karakter Tari Mayang Madu Dalam Pembelajaran IPS SMP Negeri 4 Lamongan.” ejournal.unesa.ac.id (n.d.).

Safitri, E. N. D. “Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Melalui Tradisi Kupatan Dalam Pembelajaran IPS.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN (2023).

Shufa, Naela Khusna Faela. “Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual.” INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1, no. 1 (2018).

Susilaningtiyas, D. E., and Y. Falaq. “Internalisasi Kearifan Lokal Sebagai Etnopedagogi: Sumber Pengembangan Materi Pendidikan IPS Bagi Generasi Millenial.” … Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS (2021).

Trimansyah, Trimansyah. “Iplementasi Alat Peraga Edukatif Dalam Mengembangkan Sains Anak.” FASHLUNA 2, no. 2 (2021): 73–79.

Yolandha, Wenny, and Dinie Anggareni Dewi. “Pendidikan Kewarganegaraan Konsilidasi Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 (2021): 911–919.
Published
2025-04-30
How to Cite
Trimansyah, T. (2025, April 30). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI BUDAYA BIMA SEJAK DINI PADA SEKOLAH DASAR. FASHLUNA, 6(1), 66-74. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fashluna.v6i1.962
Section
Articles