PERAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD NASIMA

  • Wafiq Azizah Institut Agama Islam Negeri Kudus - Indonesia
  • Yuliana Noor Annisa Institut Agama Islam Negeri Kudus - Indonesia
  • Divia Nihlatul Ahna Institut Agama Islam Negeri Kudus - Indonesia
  • Elya Umi Hanik Institut Agama Islam Negeri Kudus - Indonesia
Keywords: Bimbingan Konseling, Pendidikan Karakter, Peserta Didik

Abstract

Penanaman pendidikan karakter yang baik sejak dini merupakan fondasi awal untuk menciptakan karakter yang baik kepada anak. Karakter adalah nilai-nilai yang melekat pada seorang individu yang mana nilai-nilai tersebut diimplementasikan pada nilai-nilai kebaikan yang tercermin baik tingkah laku maupun tindakan. Karakter dapat dibentuk sejak dini pada lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar. Salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan generasi peserta didik yang memiliki karakter yang baik adalah dengan bimbingan konserling. Peran bimbingan konserling dalam pembentukan karakter peserta didik sangatlah penting. Bentuk-bentuk pembinaan karakter yang ditanamkan adalah keteladanan, disiplin, jujur, bertanggung jawab, dan mengajarkan sopan santun. Peneliti tertarik mengkaji peran bimbingan konserling dalam pembentukan karakter siswa di SD Nasima karena peneliti ingin menggali upaya dan program apa saja yang diterapkan pihak sekolah supaya peserta didik di SD Nasima memiliki karakter yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrina Afrina, and Linda Yarni. “PERAN GURU BK DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA SETELAH PANDEMI COVID 19 DI MTsN 1 PASAMAN.” Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan 1, no. 1 (2023): 43–55. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.60.
Aisyah. PENDIDIKAN KARAKTER : Konsep Dan Implementasinya. Jakarta: KENCANA, 2018.
Akuardin Harita, dkk. “Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Pembentukkan Karakter Siawa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022.” Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (2022): 1077–2829.
Ali Dahlan Hasibuan. “Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Di Kelurahan Brandan Timur Baru.” Journal on Education 6, no. 3 (2024): 1679.
Amran, Muhammad, Erma Suryani Sahabuddin, and Muslimin. Pendididkan Karakter Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Administrasi Dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, 2018.
Ariyana, Ira Anisa Purawinangun. “Pembinaan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia.” Pendidikan, Ilmu Tangerang, Universitas Muhammadiyah Perintis, Jl, 2021, 84–94.
Arum Ekasari Putri. “Evaluasi Program Bimbingan Konseling Sebuah Studi Pustaka.” Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia 4, no. 2 (2019): 39–42.
Batubara, Noor Azida. “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Local Wisdom) Di Kampung Mahmud Cigondewah Bandung.” Ma’rifah: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Peradaban Islam 1, no. 2 (2024): 31–50.
Desi Pristiwanti. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 6 (2022): 7911–16.
Erisa, Dian, Nurmala Cahyaningrum, Farah Nabila Maulida, Fikra Hawa Aulia, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, and Kebon Jeruk. “PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI PENDIDIKAN,” 2021, 400–404.
Evi Nur Khofifah dan Siti Mufarochah. “Penanaman Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan.” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 2 (2022): 60–65.
Fadilah, Dkk. PENDIDIKAN KARAKTER. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol. 01. CV. AGRAPANA MEDIA, 2021.
Gadis Kahfi Aliffirlianda. “Pembinaan Etika Siswa Melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMA Darussalam Ciputat.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.
Gunawan, Heri. PENDIDIKAN KARAKTER Konsep Dan Implementasi. Jurnal Sains Dan Seni ITS. Vol. 6. ALFABETA, 2022.
Hikmawati, F. Bimbingan Konseling. Universitas Negeri Padang, 2011.
Jessy Tanod, Mareyke, Stkip Bandar Lampung, and Unversitas Negeri Jakarta. “PENYELENGGARAAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR Noviana Diswantika Vina Iasha.” Jurnal Pendidikan Dasar 10, no. 1 (2019): 13–27.
Kandiri dan Afrandi. “Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa.” Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 6, no. 1 (2021): 2021.
Lestari, Indah, and Nurul Handayani. “Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Khususnya Sma/Smk Di Zaman Serba Digital.” Guru Pencerah Semesta 1, no. 2 (2023): 101–9. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.606.
Mellysa Setyorini. “Adab Di Atas Ilmu: Sebuah Tinjauan Literatur.” Jurnal Ilmiah Multidisipliner 2, no. 2 (2024): 305–10.
Mujiburrahman. “Pendidikan Karakter Siwa Berbasis Kearifan Lokal Di Aceh.” Proceeding Icis 1, no. 1 (2022): 138–39.
Mustika, Dea, Paramita Muji Anggarda, and Mega Iswari. “Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SD/MI.” ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 6 (2022): 1481–87.
Pangestu, Dwikky Bagus, Tri Umari, and Elni Yakub. “Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar.” JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 6, no. 5 (2022): 1622. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8978.
Prasetia, Eka, and Ainun Heiriyah. “Guru Kelas Sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Dasar Di Sungai Andai Banjarmasin.” Bulletin of Counseling and Psychotherapy 4, no. 2 (2022): 373–80. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.295.
Qonita, Maryam, Kristina Betty Artati, Ani Musyarofah, Farah Wahyuni, and Awaluddin Tjalla. “Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik.” Guidance 19, no. 02 (2022): 106–20. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2211.
Rahmawati Ekasaputri, Putri amanah, Risyda Zulfa Azahra. “Penyelenggaraan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar” 2, no. 2 (2024): 1–10.
Selly Syafitri, dkk. “Peran Bimbingan Konseling Dalam Pembentukkan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 6 (2022): 12179.
Suwartini, Sri. “Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An Vol. 4, no. 1 (2017): 220–34.
Tilong, Adi D. Bangun Pagi, Lari Pagi, Dan Berpikir Positif Bagi Kehidupan Anda. Yogyakarta: DIVA Press, 2015.
Trilisiana, Novi, Erma Kusumawardani, Dwi Yani, Istiqamah Ardila, Sandi Pratiwi, Tri Nurza Rahmawati, Dianni Risda, Naniek Krishnawati, Alek Andika, and A Mutia Qana. Pendidikan Karakter. Vol. I. CV Selembar Karya Pustaka, 2023.
Ulfah, and Opan Arifudin. “Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Al-Amar (JAA) 2, no. 1 (2021): 1–9.
Winarno. Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Konteks Keberagaman. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2020.
Published
2025-04-21
How to Cite
Azizah, W., Annisa, Y., Ahna, D., & Hanik, E. (2025, April 21). PERAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD NASIMA. FASHLUNA, 6(1), 40-51. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fashluna.v6i1.966
Section
Articles