PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN KONTEMPORER: BEBERAPA AGENDA MASA DEPAN

  • Atun Wardatun IAIN MATARAM
Keywords: Pendidikan Islam, Reorientasi, Internalisasi

Abstract

Pendidikan Islam merupakan upaya aktualisasi potensi-potensi kemanusiaan yang berorientasi pada  pembentukan manusia seutuhnya melalui transformasi keilmuan, melalui  pendidikan intelektual dan pengayaan nilai spiritual yang menekankan pada aspek kematangan akhlak, sehingga melahirkan sikap toleransi dan keterbukaan. Ketika dunia dihentakkan dengan munculnya berbagai aksi terorisme, sontak pandangan para ahli melirik pada agama yang dianggap tidak berdaya dalam memberikan pemahaman yang utuh kepada pemeluknya ? mungkinkah ada yang salah dalam pendidikan Islam, mungkinkah telah terjadi pergeseran makna dalam pendidikan Islam. Bukankah pendidikan Islam sejatinya melahirkan generasi yang tidak saja mengerti agama, namun lebih jauh bertujuan agar berjiwa agama. Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut, Kedepan telah terpampang sedikitnya 2 agenda besar pendidikan Islam yakni : pertama, memaksimalkan proses keteladanan dan internalisasi nilai-nilai moral keagamaan, dan kedua, pemahaman terhadap agama lain tidak hanya dalam perspektif teologis namun juga dalam kerangka sosiologis. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Adhim, “Prospek Pengembangan Madrasah,” dalam Pesan, No. 214/V/2003.
Abdul Wahid, “Tendensi Anti Pluralisme dalam Pendidikan Agama Islam: Kritik Teks Buku Ajar PAI SMU/SMK,” dalam Ulumuna, Vol. VII/No.2/2003.

Jusuf Amir Feisal, Reorientasi Pendidikan Islam (Jakarta: Gema Insani Press, 1995).
Naquib Al-Attas, Konsep Pendidikan Islam (Bandung: Mizan, 1996).

Soeroyo, “Antisipasi Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial Menjangkau Tahun 2000, dalam Pendidikan Islam di Indonesia: Antara Cita dan Fakta (Yogjakarta: Tiara Wacana, 1991).

Tillich Paul, Theology of Culture (New York: Oxford University Press, 1959).
Published
2019-11-01
How to Cite
Wardatun, A. (2019, November 1). PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN KONTEMPORER: BEBERAPA AGENDA MASA DEPAN. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v1i1.143
Section
Articles