DUNIA PENDIDIKAN ISLAM: ANTARA HAKIKAT, REALITAS DAN HARAPAN
Abstract
Hakikat pendidikan Islam adalah penanaman adab dan budi pekerti melalui metode serta upaya yang sistematis dan berkesinambungan, dengan komitmen mengembangkan potensi sumber daya manusia yang berkualitas. Rendahnya mutu dan kualitas lulusan dunia pendidikan Islam mengindikasikan rapuhnya sistem dan infrastruktur yang ada mulai dari tenaga dosen, sarana dan prasarana, kurikulum serta kultur akademik yang belum sepenuhnya optimal dalam mendukung cita luhur pendidikan. Globalisasi dan modernisasi dalam berbagai aspek menuntut agar lulusan pendidikan Islam mampu bersaing di pasar kerja.
Downloads
References
Mujib, Abdul, dan Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.
Syar`i, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2005.
Tim Dosen IAIN SUPEL, Dasar-dasar Kependidikan Islam, Surabaya: Karya Abdi tama, 1996.
Munir, Misbahul, Inkonsistensi Kurikulum pendidikan Nasional Indonesia dalam Jurnal pendidikan KREATIF, STAI Muhammadiyah Bima: volume IV nomor 2 Juli 2006.
Kunandar, Guru Profesional, Jakarta, Rajawali pers: 2007.
Thoib, Ismail, Pendidikan Berbasis Pembumian al-Qur`an, Bima: Makalah: 2008.
Minhaji, Akh, Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia dan Tradis berpikir Kritis, dalam Paradigma Baru Pendidikan, Jakarta: IISEP, 2008.