URGENSI PENDIDIKAN AGAMA DALAM MENGHADAPI MASALAH ETIS DAN MORAL DI ERA GLOBAL DAN TEKHNOLOGI INFORMASI Sebuah Refleksi diri Terhadap Problematika Pendidikan Agama

  • Munawar Munawar STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Globalisai, Pendidikan, Etika, Moral

Abstract

Globalisasi yang lahir sebagai dampak dari industrialisasi dan modernisasi, secara spesifik telah merubah tatanan kehidupan manusia, modernisasi serta berbagai implikasinya yang semula bertujuan memberikan kemudahan dalam kehidupan manusia, di satu sisi telah menggeser berbagai aspek dan nilai-nilai kultural yang dianut oleh masyarakat terutama masalah etika dan moral dalam komunikasi dan interaksi.

Menilik berbagai problem modernisasi tersebut, pendidikan terutama di dalamnya pendidikan agama ditantang untuk memberikan kontribusi positif dalam mencari solusi (problem solving) dari berbagai perilaku menyimpang, kemerosotan moral, tindakan  kriminalitas sehingga dapat mengembalikan manusia pada titik sentral dari hakikat penciptaan manusia yang nyaris terkikis oleh dampak modernisasi    

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Imron, Kebijakan Pendidikan di Indonesia, Proses, Produk dan Masa Depan, Jakarta: Bumi Aksara, 1999
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Moderenisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos, 1999.
D. Widiastono (Ed), Pendidikan Manusia Indonesia, Jakarta: Kompas, 2004.
Daldjoeni, Pedesaan, Lingkungan dan Pembangunan, Bandung: Penerbit Alumni, 1989.
Hasan Hamid, ‘Pengembangan dan Implementasi KTSP, Konsep dan Substansi’. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional KTSP, UNNES, Semarang, 15 Maret 2007.
Hisyam & Jihad, Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium Ke III, Yogyakarta: Adi Cita, 2000.
Ikhrom, Dikhotomi Sistem Pendidikan Islam: Upaya Menangkap Sebab-sebab dan Penyelesaiannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Jacques Delors, Learning the Treasure Within, 1996, http://www.unesco.org/delors/index.html, diakses 21 Desember 2008.
John Naisbitt, Megatrend Asia: Delapan Megatrend Asia yang Mengubah Dunia; T.Tp. T.Th.
John Naisbitt, Mind Set!: Reset Your Thinking & See the Future, Harper Collins e-books, New York, 2005.
John Sacco, Analyzing Evolution of End User Information Technology Performance: A Longitudinal Study of a Count Budged Office dalam Mehdi Kashrow-Pour (ed), Cases on the Human Side of Information Technology, Idea Group Publishing, London, 2006.
Judowibowo Poerwowidagdo, Agama, Pendikan dan Pembangunan Nasional, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1996.
Manshur Faiz, Pilihan Paradigma Islam Menghadapi Globalisasi, http://www.pikiran rakyat.com/cetak/0303/21/0801.htm.
Muhammad Dja’far, Islamisasi Pengetahuan; dari Tataran Ide ke Praksis, dalam buku Quo Vadis Pendidikan Islam, (ed), Mudjio Raharjo, Malang: Cendikian Paramulya, 2002.

Atho’ Mudzhar, Pendekatan Studi Islam Dalam Teori dan Praktik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Nurcholis Madjid, Islam Dokrtin dan Peradaban, Sebuah Telaah Kritis Tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemodernan, Jakarta: paramadina, 1992.
Riza S. Sadjad, Globalisasi, Sistem Pembelajaran dan Tehnologi Informasi Komunikasi, Makalah pada Seminar Nasional, Inovasi Pembelajaran Berbasis ICT, Dies Natalis Universitas Negeri Makasar, 31 Juli 2008.
Robbert Sommer, Personal Space in a Digital Age, dalam Robert B. Bechtel and Arza Churchman (eds.), Handbook of Enviromental Psychology, John Wiley & Sons Inc., Canada, 2001.
Undang-undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika, 2003.
Muhammad Joko Susilo, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2007.
Yusuf al-Qardhawi, Islam Abad 21, refleksi abad 20 dan agenda masa depan, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2000.
Yusuf Al-Qardhawi, Islam Abad 21, Refleksi Abad 20 dan Agenda Masa Depan, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2000.
Published
2019-11-06
How to Cite
Munawar, M. (2019, November 6). URGENSI PENDIDIKAN AGAMA DALAM MENGHADAPI MASALAH ETIS DAN MORAL DI ERA GLOBAL DAN TEKHNOLOGI INFORMASI Sebuah Refleksi diri Terhadap Problematika Pendidikan Agama. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 2(1), 1-17. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v2i1.147
Section
Articles