EVALUASI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN
Abstract
Evaluasi merupakan komponen yang menjadi bagian integral dari sebuah proses pendidikan, evaluasi dilakukan guna menemukan kesesuaian antara cita dan realita bagi tercapainya tujuan pembelajaran. Urgensi evaluasi sebagai sebuah sistem menjadi pijakan bagi pendidik dalam memberikan reward and punishment bagi peserta didik, di samping itu evaluasi menjadi acuan dalam merekonstruksi strategi baru guna menentukan arah, metode maupun pendekatan pembelajaran yang bersifat obyektif, komprehensif, dan berkesinambungan.
Downloads
References
Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1992.
Khalil Al-Qaththan, Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur'an, terj. Mudzakkir AS Jakarta: Pustaka Litera Antar Nusa, 2001.
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2002.
Muhammad Ali Ash-Shabuni, Shafwah al-Tafasir, juz I. Beirut: Dar al-Fikr, T.th.
Muhammad bin Ali bin Muhammad Asy-Syaukani. Fath al-Qadir, juz I Beirut: Dar al-Fikr, T.th.
M. Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah,Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur'an, vol 12. Jakarta: Lentera Hati. 2002.
Muhammad Husain Thoba Thoba’I,. al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an, juz 15., Beirut : Mu’assasah al-A’lam lil Mathbu’ah, T.th.
Qomaruddin Shaleh, dkk. Asbabun Nuzul, Bandung: CV Diponegoro, 1975.
S. Nasution, Asas-Asas Kurilulum, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Tayar Yusuf, Keragaman Teknik, Evaluasi, dan Metode Penerapan Jiwa Agama, Jakarta: Ind-Hil-Co, 1987.
Zuhairini, dkk., Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1997.