IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MODEL MAKASSAR
Abstract
Ana Cahayani Fatimah. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Mata Pelajaran Fikih dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar” Fitrah Jurnal Studi Pendidikan, Vol. 8, No. 1 Juni 2017, h. 19-38.
Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk : 1) mengkaji bentuk penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di kelas VIII MTs. Negeri Model Makassar; dan 2) Mengkaji Efektivitas model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di kelas VIII.1 MTs. Negeri Model Makassar tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research dengan jenis kolaboratif. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran fikih dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII.1 MTs. Negeri Model Makassar. Indikator peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari meningkatnya nilai, bertambahnya semangat dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division, prestasi belajar siswa.
Downloads
References
Abuddin Nata, Persfektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Cet. I, Jakarta: Kencana, 2009
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik,
Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Chotimah, Husnul & Dwitasari, Yuyun. 2009. Strategi-Strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang Publishing 2009
Departemen Agama RI., Al-Qur’an Terjemah, Edisi Baru, Semarang: CV. Toha Putra Semarang, 1989
Hajar, Ahmad bin „Ali bin al-„Asyqalaniy, Fath al-Bariy bi Syarh Shahih al-Bukhariy, Cet. I, Juz 10, Libanon: Dar al-Fikr, 2000
Harun, Maidir Harun dan Munawiroh, Kemampuan Baca Tulis Al- Qur’an, Cet. I, Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Depag RI, 2007
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru., Cet.V; Jakarta: PT Raja Grafindo, 2010
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan
Agama Islam Di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004
Muhaimin, Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya, Cet. I, Jakarta: Mizan, 1993
Salam, Burhanuddin, Cara Belajar yang Sukses di Perguruan Tinggi, Cet. I;
Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004
Setyono, Tri Djoko. Pembelajaran Berdasarkan Konstruktivisme Dalam Cooperatif Learning., Denpasar : 2005
Sharan, Shlomo. Handbook of Cooperatif Learning. Yogyakarta:
Imperium : 2009
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Cet. II; Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudirman AM, Intrahsi dan Mativasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali
Pers, 1992
Sudjana, Nana -Ahmad Rivai, Teknlogi Pengajaran, Cet. III, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan, Cet, 22: Jakarta: Rajawali Pers, 2010
Suparto, A. Hadi Suparto dan H. A. Abdul Rahman Saleh, Pengantar
Pisikologi Pendidikan, Cet. I; Jakarta: Balai Pustaka, 1986
Tim Redaksi Fokus Media, Himpunan Perundang-Undangan Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokus Media , 2006.
Tirtarahardja, Umar –la Sula, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka
Cipta, 2002
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Cet. I, Jakarta: Kencana, 2009
UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
(Sisdiknas), Bab I Pasal 1 Ayat 1, (Bandung: Citra Umbara, 2003
Zuhri, Saifuddin dan Ahmad Fawaid. Cooperatif Learning, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2011.