HUBUNGAN ANTARA SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KINERJA GURU SMKN DI KOTA BIMA

  • Relly Prihatin STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Supervisi kepala sekolah, iklim sekolah, Motivasi berprestasi, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengkaji  bagaimana hubungan antara supervisi kepala sekolah, iklim sekolah, motivasi berprestasi dengan kinerja guru yang ada di SMKN se Kota Bima. Metode penelitian adalah deskriptif korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 120 orang guru dan 120 orang siswa yang ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis iferensial dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil supervisi kepala sekolah, iklim sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berkorelasi dengan kinerja guru dengan tingkat hubungan yang  cukup  kuat. Bentuk hubungan antara keempat variabel ditunjukan dengan persamaan regresi Y = 1.568 + 0.142X1 + 0.416X2 + 0.085X3.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Amin. 2000. “Kajian Ilmu Kalam”, dalam Komaruddin Hidayat & Hendro Prasetyo (ed.), Problem dan Prospek IAIN: Antologi Pendidikan Tinggi Islam, Jakarta: Depag RI.
Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung : Rosdakarya).
Pirdata, M. 1988. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Bina
Aksara.
Direktorat Pembinaan SMK. 2009. Garis-garis Besar Program Pembinaan SMK Tahun 2009. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Danim, S. 2002. Inovasi Pendidikan. Dalam Upaya Peningkatan
Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung : Pustaka Setia.
Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung : Rosdakarya.
Sulistiyani & Rosidah. 2003. Manajemen Sumberdaya Manusia.
Yogyakarta : Graha Ilmu.
Manja, W. 2002. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang. Nurtain, H. 1989. Supervisi Pengajaran ( Teori dan Praktek ). Depdikbud,
ditjen Dikti, P2LPTK, Jakarta
Glickman, C. D. 1981. Development Supervision Alternative Practices for Helping Teacher Improve Instruction. Alexandria, Virginia : ASCD
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Professional. Bandung : Rosdakarya. Mittchel, T.R. 1992. People in Organization Understanding The Behavior.
Koghakusa : McGraw Hill
Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 1987. Educational Administration. Theory and Research. Third edition. New York : Randon house, Inc.
Sulistiyani & Rosidah. 2003. Manajemen Sumberdaya Manusia.
Yogyakarta : Graha Ilmu.
Published
2019-11-23
How to Cite
Prihatin, R. (2019, November 23). HUBUNGAN ANTARA SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KINERJA GURU SMKN DI KOTA BIMA. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v8i1.165
Section
Articles