USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengkaji bagaimana usaha guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 16 Makassar, dan 2) Mengkaji problema yang dialami oleh guru dalam usaha meningkatkan keaktifan belajar siswa pada bidang studi PAI di SMPN 16 Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan paedagogik, psikologis, dan sosiologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk usaha guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada bidang studi PAI di SMPN 16 Makassar adalah dengan menggunakan model dan metode mengajar yang variatif, memberikan ganjaran berupa hadiah dan hukuman, menumbuhkan minat, menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan tugas atau banyak latihan, memberi angka, kompetisi, pemberian nilai khusus, selalu memberikan perhatian dan selalu mengawasi siswa.
Downloads
References
Abdul Azis Ahmad, Muhammad Sya’ban Al-Hafiz, Tim Kreatif Surprise, Al-Quran Perkata, Tajwid Warna, (Jakarta Timur: PT. Surya Prisma Sinergi, 2012.
Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1996.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjamahannya, Bandung : PT Syaamil Cipta Media, 2005.
Desi, Penerapan Metode Pengajaran Unit untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa, Pekanbaru Riau : 2009.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
http://nawawielfatru.blogspot.com/2010/07/keaktifan-belajar.html diakses pada tanggal 12 desember 2015
Khairudin, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Yogyakarta: Nuansa Aksara, 2007.
Melvi L. Silberman, Active Learning, 101 Cara Siswa Belajar Aktif,
Bandung: Nusa Media, 2004, terj.Raisul Muttaqiem.
Nana Sudjana, dan Ibrahim, Penelitian dan Penelitian Kualitatif, Bandung
: Sinar Baru, 1989.
Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah, Volume 7, Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press: 2011.
Saribanun, Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih, Pekanbaru; UIN Suska Riau, 2008.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta, 2009.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Undang-undang RI. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistim pendidikan
Nasional , Cet II, Bandung : Fokus Media, 2003.
W.J.S. Purwodarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,1992.