KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP TUGAS ANAK DARI SEKOLAH

  • Tamjidillah Hm Amin UIN Mataram
Keywords: Orang Tua, Tugas Anak

Abstract

Tujuan pendidikan lebih mudah tercapai bila selalu terjalin baik dengan pendidikan di rumah, di sekolah dan di masyarakat. Orang tua merupakan kelompok yang paling bertanggung jawab terhadap masa depan anak-anak mereka, karena orang tua merupakan pendidik pertama dan utama sebelum mereka mengenal lingkungan sekolah dimana mendidik berarti memelihara, melatih, membimbing sehingga anak menjadi manusia yang bermanfaat di dunia, lebih lebih diakhirat.

                Pemberian Tugas merupakan metode yang digunakan guru agar siswa dapat memahami pelajaran yang diajarkan agar siwa semakin giat untuk mendalami pelajaran yang sudah diajarkan. Dengan penugasan tersebut guru berharap siswa dapat mengerjakan tugas dengan baik dan dapat dipertanggung jawabkan bahwa siswa telah memahami pelajaran yang telah diajarkan.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki beragam cara kepedulian terhadap tugas anak adalah (a) Mendorong anak mengerjakan tugas sekolah dibantu dengan membuatkan jadwal waktu belajar; (b) Mengontrol, mendampingi, menanyakan anak tentang tugas sekolah.(c) Mengajak, mengingatkan dan membantu anak mengerjakan tugas sekolah. (d) Menyediakan dan menfasilitasi anak dengan sarana prasarana belajar yang lengkap. Sedangkan kendala yang dihadapi orang tua adalah (a). Kurangnya waktu yang dimiliki orng tua untuk membimbing anak belajar karena sibuk dengan pekerjaan; (b). Anak lebih senang bermain dari pada mengerjakan tugas sekolah; (c). Kurangnya kerjasama anak dengan orang tua; (d).  Pengetahuan orang tua yang minim.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriza.Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.2015
Baharudin. Sosiologi Pendidikan. Mataram: Sanabil, 2016.
Burhan Bungin. Analisis Data Penelitian Kkualitatif. Jakarta : Raja Grafindo
Persada, 2003.
Dirman dan Cicih Jurasih. Pengembangan Kurikulum. JAKARTA:Rineka Cipta, 2014.
Djama’ah Satori. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2014.
Evo, Tugas/Kewajiban/Tanggung Jawab Seorang Anak Kepada Orang
tua/Walinya. dalamhttp://www.organisasi.org/1970/01/tugas kewajibantanggung- jawab-seorang-anak-kepada-orangtua-walinya.html, diambil tanggal 21 April 2017, pukul 21.52 WITA
Hadari Nawawi dan Mimimartini. Penelitian Terapan. Yogyakarta : Gajah Mada Universitas Press, 1994
Helmawati. Pendidian keluarga. Bandung : Remaja Rosda Karya, 2014.
Ismail Thoib. Filsafat Pendidikan Islam. Mataram: LEPPIM IAIN MATARAM,2013. Kasmadi. Membangun Soft Skills Anak Hebat. Bandung : Alfa Beta. 2013.
Maimun. Kiat Sukses Menjadi Guru Halal. Mataram: LEPPIM IAIN
MATARAM, 2015.
Soerjono soekanto. Anak dan Pola Perkelakuannya. Jakarta : raja Mulia,1989.
Sobri sutikno. Belajar dan Pembelajaran. Lombok :Holistika, 2013.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta,2006
Published
2019-11-24
How to Cite
Hm Amin, T. (2019, November 24). KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP TUGAS ANAK DARI SEKOLAH. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v10i1.171
Section
Articles