PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK DI LINGKUNGAN BEDA AGAMA

  • Samsudin Samsudin STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Penanaman Nilai, Pendidikan Agama Anak,, Nikah Beda Agama

Abstract

Penanaman Nilai Pendidikan Agama Pada Anak Dilingkungan   Beda Agama. yaitu proses  penanaman nilai Agama pada Anak, dan penentuan agama anak oleh orang tua, maka dengan adanya pernikahan beda agama  memberikan tantangan secara psikologi bagi anak terhadap pemilihan agama. Namun, dengan adanya lingkungan yang menganut agama yang berbeda maka akan menjadi kesulitan untuk fokus atau mengarahkan anak ke agama yang akan menjadi keyakinan anak-anaknya kedepan, dari persoalan ini maka peneliti menjoba mengkaji lebih dalam terkait adanya pernikahan beda agama dan sistem pendidika anak ke arah agama yang akan menjadi keyakinannnya . pertama; Proses yang di lakukan yaitu. Mengajarkan Membaca Al-Qur’an,  Mengajarkan Shalat, Mengenalkan Tauhid, Penanaman Syari’ah . Kedua; bahwa seorang dalam menentukan agamanya kadang ada paksaan dari kedua oranmg tua dan ada juga ditentukan oleh anaknya sendiri tergantung pilihan dan kenyamananya maka dengan  memberikan nilai positif bagi anak tentang pendidikan Islam  juga dinilai positif oleh masyarakat mayoritas, dengan gaya sosialisasi nilai keislaman yang di lakukan tanpa ada pengklaiman umat dan selalu membangun keharmonisan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amril M, Etika dan Pendidikan, (Pekanbaru:LSFK2P, 2005),
Majid, Abdul & Dian Andayani. Pendidikan Karakter perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosada Karya. 2012).92
Mawardi, Lubis. (2008). Evaluasi Pendidikan Nilai: Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.)
Muhaimin. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Bandung: Penerbit Nuansa, 2003) 107-
Muhammad Husain Haekal, Umar bin Khattab ( Bogor : Litera Antar Nusa, 2011),
Muhammad Jawad Mughiniyah, Fiqih lima, (Jakarta: Lentera, 2006), 337
Mujib, Abdul & Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana. 2006)
Sumarna, Cecep. Rekonstruksi Ilmu: Dari Empirik-Rasional Ateistik ke Empirik- Rasional tesitik, Bandung: Benang Merah Press, 2005), 94
Suyoto, Pondok Pesantren Dalam Pendidikan Nasional. Diedit oleh M. Dawan Raharjo,Pesantren danPembaharuan (Jakarta: LP3ES, 1988
Syarifuddin, Ahmad. Mendidik Anaka Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an. (Jakarta. Gema Insani, 2004),
Thomas, Lickona,(). Pendidikan Karakter, Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, New York: Bantam Book.2008)
Undang-Undang no 20 tahun 2003 tentang sistim pendidikan Nasional (Jakarta: 2003)

WEB.
Undang-Undang. UU Pernikahan No. 1 tahun 1974 (Jakarata: prestorial 1974),
www/bloksport beda agam// 17/09/2011.
http://irindonesia.wordpress.com/2017/02/06/pendidikan-agama-pada-anak-pasangan-orang-tua-beda-agama/
http://www. Scribd. Com/doc/3144824/ Perbedaan Agama di Indonesia.
http://www.afdhalilahi.com/2015/05/hakikat-dan-tujuan-pendidikan-nilai.html 26 Oktober 2017
http://yesaya.indocell.net/id1066.htm 2017
Published
2019-11-24
How to Cite
Samsudin, S. (2019, November 24). PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK DI LINGKUNGAN BEDA AGAMA. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v9i2.178
Section
Articles