KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SOSIAL GURU KELAS DALAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SDN BALIREJO YOGYAKARTA

  • Jamiin Jamiin STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Kompetensi Pedagogik,, Kompetensi Sosial, Pendidikan Inklusi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik dan sosial guru kelas dalam pendidikan inklusi di SDN Balirejo Yogyakarta serta untuk mengetahui implementasi dan penilaian hasil belajar peserta didik bagi anak berkebutuhan khusus di SDN Balirejo Yogyakarta.

 Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik di SDN Balirejo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan dengan model kualitatif deskriptif sedangkan untuk menguji keabsahaan data, peneliti menggunakan dua metode yakni triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Secara umum hasil temuan riset ini menunjukkan bahwa guru kelas memiliki kemampuan dalam mengatasi anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan menempatkan posisi duduk saat belajar dan menjadikan mereka sebagai anak angkat sementara, serta mampu mengidentifiaksi 2 anak ABK yang sebelumnya belum diassessment. Adapun implementasi pendidikan inklusi di SDN Balirejo pelaksanaannya ada sedikit dibedakan dengan pendidikan pada umumnya, dimana aktivitas pembelajaran ditangani oleh guru kelas tanpa adanya pendampingan oleh guru pendamping khusus (GPK) yang memiliki kualifikasi akademik di bidang ke-ABK-an. Terkait penilaian hasil belajar peserta didik yang ABK, untuk perlu diketahui bahwa, peserta didik ABK tidak harus dilihat dari kemampuan kognitif, mereka memang terlihat masih jauh dengan peserta didik yang reguler. Namun dari segi keterampilan, peserta didik ABK memiliki kemampuan motorik dalam hal membatik. Dimana peserta didik ABK tersebut lebih terlihat disiplin, rajin dan teliti serta memiliki hasil karya yang jauh lebih baik dari peserta didik yang reguler. Selain itu, juga mampu melakukan kegiatan ekstrakurikuler lainnya seperti karate dan tari yang merupakan program unggulan di SDN Balirejo Yogyakarta.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Janawi, 2011 Kompetensi Guru, Citra Guru Profesional, Bandung: Alfabeta.
Kustawan Dedy, 2013 Manajemen Pendidikan Inklusif: Kiat Sukses Mengelola Pendidikan Inklusif di Sekolah Umum dan Kejuruan cet. Pertama Jakarta: Luxia.
Majid Abdul, 2013 Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: PT Remaja rosdakarya.
Muslich Manur, 2007 Sertifikasi Guru, menuju Profesionalisme Pendidik, Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa E., 2009 Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rachmawati Tutik dan Daryanto, 2013 Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya, Yogyakarta: Gava Media.
Sanjaya Wina, 2008 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,Jakarta: Kencana.
Sagala Syaiful, 2013 Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.
Suyanto & Jihad Asep, 2013 Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, Jakarta: Erlangga.
Saragih AH. 2008. Kompetensi minimal seorang guru dalam mengajar.Jurnal Tabularasa PPS UNIMED 5 (1):23-34.
Supriyadi Dedi, Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicitra Karya Nusa.
Selvi K. 2010. Teacher’s competencies. Internatonal Journal of Philosophy of Culture and Axiology 7 (1):167-175.
Suyono & Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran.
Sani Abdullah Ridwan, 2016 Penilaian Autentik cet. Pertama, Jakarta: Bumi Aksara.
Uno B. Hamzah, Masri Kudrat Umar dan Keysar Panjaitan, 2014 Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran, Jakarta: PT Ina Publikatama.
UU RI Undang-undang Republik Indonesia. 2005. Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang: StandarNasional Pendidikan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 10 ayat (1).
UNESCO, Guidelines for Inclusion: Ensuring Access to Education for All dalam http://www.unesco.org/education/inclusive.
Yasin AF. 2011. Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Jurnal eL-QUDWAH 1 (5):157-181
Published
2019-12-23
How to Cite
Jamiin, J. (2019, December 23). KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SOSIAL GURU KELAS DALAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SDN BALIREJO YOGYAKARTA. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v10i2.186
Section
Articles