INTERAKSI PESERTA DIDIK DARI BERBAGAI ETNIS DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KELAS VI DI SDN BALIREJO YOGYAARTA

  • Zumratun Zumratun STIT SUNAN GIRI BIMA
Keywords: Interaksi Sosial, Etnis,, Pendidikan Multikultural.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Multikultural di SDN Balirejo dan untuk Menganalisis Interaksi Peserta Didik Dari Berbagai Etnis, Budaya Dan Agama Yang Berbeda.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik di SDN Balirejo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan dengan model kualitatif deskriptif sedangkan untuk menguji keabsahaan data, peneliti menggunakan dua metode yakni triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi pendidikan multikultural di SDN Balirejo  antara lain: a) guru membangun pengetahuan peserta didik melalui penanman ilmu-ilmu sosial, seperti PPKN, IPS serta Agama, b) memberikan contoh tentang keanekaragaman etnis, suku dan budaya, c) melakukan pembelajaran dengan model dan gaya mengajar yang bervariasi, d) membuat kegiatan yang memberikan kesempatan kepada seluruh warga untuk dapat berinteraksi dengan baik dan kondusif, dan e) menanamkan sikap positif terhadap peserta didik agar memiliki prasangka yang baik tentang keragaman etnis, suku dan maupun budaya. Kedua, Interaksi peserta didik dari latar belakang etnis, budaya dan agama yang berbeda di SDN Balirejo  Yogyakarta adalah berlangsung dalam bentuk interaksi berupa hubungan kerja sama (asosiatif) dan konflik atau pertikaian (disosiatif) serta memiliki pola interaksi akulturasi, paternalisme, integrasi dan pluralisme.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi Abu, 2007 Psikologi Sosial, Jakarta: Rineka Cipta.
Budi Sulistyo Noor, Salamun & Bambang H. Suta Purwan, 2014 Implementasi Pendidikan Multikultural di SMA Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB)
Banks A. James, 1993 “Multicultural Education: Historical development Dimentions, and Practice,” Review of Research in Rducation.
Baidhawy Zakiyuddin, 2005 Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga.
Djamarah Bahri Syaiful, 2010 Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis, Jakarta: Rineka Cipta.
Dede Rosyada, 2014 sosio didaktika: Social Science Education Journal, No. 01, Vol. I, Mei.
Idi Abdullah, 2011 Sosiologi Pendidikan; Individu, Masyarakat, dan Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mahfud Hoirul, 2009 pendidikan multikultural, Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Mahmud, dkk. 2015 Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Na’im Ngainu, 2011Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nieto Sonia, 2009 “Multicultural Education in United State”, dalam James A. Banks (ed.),The Routledge International Companion to Multicultural Education, (New York: Routledge.
Okta Rukiro, 2008 “Multikultural Education in Japan: What Can Japan “dalam Abdullah, pendidikan Islam Multikultural di pesantren: Telaah Terhadap Kurikulum Pondok Pesantren Modernd Islam Assalaam Surakarta Tahun 2006/2007, Disertasi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakart.
Partanto A. Pius dan M. Dahlan Al Barry, 1994 Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola
Ross Wayne E., 2006 “Intruduction Social Studies Teachers and Curriculum”, dalam E. Wayne Ross (ed), Social Studies Curriculum: Purposes, Problems, and Possibilities, New York: State University of New York Press.
Salim Agus, 2006 Stratifikasi Etnik; Kajian Mikro Sosiologi Interaksi Etnis Jawa dan Cina, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Swartz Ellen, 2005 “Multicultural Education: From a Compensatory to a Scholarly Foundation”, dalam Carl A. Grant (Ed.), Research and Multicultural education, Washington DC: The Falmer Press.
Suyanto Slamet, 2005 Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat Publik.
S. Dwi & Jefta A.R., 2007 Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, Vol 7 Nomor No. 2

Sumarni Sri, 2018 Pengantar Kebijakan Pendidikan di Indonesia, Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Univeritas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga).
Thabroni Muhammad & Mustafa Arif, 2011 Belajar dan pembelajran: Pengembangan wacana dan praktik Pembelajaran dalam Pengembangan Nasional, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2019-12-23
How to Cite
Zumratun, Z. (2019, December 23). INTERAKSI PESERTA DIDIK DARI BERBAGAI ETNIS DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KELAS VI DI SDN BALIREJO YOGYAARTA. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v10i2.193
Section
Articles