PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN PENILAIAN AUTHENTIC TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SMA DI JAWA TIMUR
Abstract
Input pendidikan merupakan suatu hal yang mutlak harus ada dalam batas-batas tertentu tetapi tidak menjadi jaminan dapat secara otomatis meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan pendidikan akan menentukan hasil atau prestasi peserta didiknya. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data melalui investigasi/observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan pelaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMAN 1 Gresik dilakukan dengan II siklus. Hasil penelitian yaitu penggunaan pendekatan scientific dan penilaian authentik dalam proses pembelajaran di kelas perserta didik SMA di Jawa Timur, mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dalam bentuk percakapan, kemampuan mempresentasikan materi dan berani mengikuti lomba untuk mencapai prestasi akademis, nonakademis.
Downloads
References
Arikunto, S. dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT. Bumi Askara.
Chfford, M., and marica Wilson. 2000. Contextual Teacing: Professional Learning and Student Experinces: Lessons learned Form Implementation. Education Brief
Harmer, J. 2007, The Prisiple of English Language teaching, Fourth edition, Pearson Longman, China.
Richard, C. J. And Willy A. R. 2008, Methodology in Language teaching an Anthopology of Current Practice, New York : Cambridge University Press
Krisyanto, Kawentar (dkk) . 2014, Mari kawan belajar membuat penelitian Tindakan Kelas, Bandung : Mujahid Prress.
Kunadar. 2014, Penilaian aoutentik ( Penilaiian Hasil Belajar Peserta Didik Bedasarkan Kurikulum 2013 ). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Abdullah, S.Pd.I., M.Pd.I. 2016. Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di madrasah Tsnawiyah Negeri 2 Palangkaraya. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol. 02 No. 2 Desember 2016 e-ISSN : 2460-2345, p-ISSN: 2442-6997.
Siti Ermawati, Taufiq Hidayat. 2017. Penilaian Autentik Dan Relevensinya Dengan Kualitas Hasil Pembelajaran.(Persepsi Dosen Dan Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 27, No.1, Juni 2017, ISSN:1412-3835.
Rudi susilana, Heli Ihsan. 2014. Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Edutech, Tahun 13, Vol.1, No.2, Juni 2014. Eka Aprilia Permatasari. 2014 Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah. Vol. 3 No. 1 tahun 2014 [ISSN 2252 6641] Hlm. 11-16.
Siti Azizah, Eko Ariwidodo, Iswah Adriana. 2015. Implementasi pendekatan Acientific Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Di SMPN 1 Pamekasan. OKARA, Vol 2, Tahun X, November 2015.
M. Samsulhadi, Ishartiwi. 2017. Pemahaman Guru IPS Terhadap Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik dalam Kurikulum2013. SOSIA Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol. 14, No. 1 Mei, 2017: 46-55
Dika Setiawan. 2018. Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-ASASIYYA: Journal Of Basic Education Vol. 01 No. 02 Januari-Juni 2017 ISSN: 2548-9992
Nur Mutya, Nurhaidah, M.Insya, Yasmin. 2018. Pelaksanaan Penilaian AutentikKurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik SD GUGUS Markisa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar KIP Unsyiah Volume 3 Nomor 1, 108-113 Januari 2018.