PENINGKATAN SELF EFFICACY MAHASISWA JURUSAN TEKNIK SIPIL DENGAN PENGGUNAAN MODUL BERBASIS INKUIRI
Abstract
Learning in higher education is focused on practical learning. Every practicum that is carried out requires basic knowledge, cooperation, and belief that comes from each individual. This belief is called self-efficacy. This study aims to determine the increase in student self-efficacy after carrying out learning with an inquiry-based module in the Soil Mechanics course. The self-efficacy measurement tool uses a questionnaire sheet containing 15 questions. The results showed an increase in self-efficacy in the experimental class and control class with a g value of 0.67 and 0.34 in the medium category.
Downloads
References
N. Erlinda, ‘Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMK Dharma Bakti Lubuk Alung’, Tadris J. Kegur. Dan Ilmu Tarb., vol. 2, no. 1, p. 49, Jun. 2017, doi: 10.24042/tadris.v2i1.1738.
Pengembangan Perangkat Blended Learning Berbasis Learning Management System pada Materi Listrik Dinamis.pdf’.
Perbandingan Kemampuan Inkuiri Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Perkuliahan Sains.pdf’.
Pengembangan Modul Mata Kuliah Sejarah Pendidikan IslamDi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang.pdf’.
PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR.pdf’.
E. P. Dewi, A. Suyatna, A. Abdurrahman, and C. Ertikanto, ‘Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor’, Tadris J. Kegur. Dan Ilmu Tarb., vol. 2, no. 2, p. 105, Dec. 2017, doi: 10.24042/tadris.v2i2.1901.
Negara,Ivan Hadi Prawira. 2021. Hubungan Self Esteem dan Self-Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X IPA di SMAN 1 Kuta Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.pdf’.
M. Turgut, ‘ACADEMIC SELF – EFFICACY BELIEFS OF UNDERGRADUATE MATHEMATICS EDUCATION STUDENTS’, vol. 6, no. 1, p. 8, 2013.
R. Deswita, ‘PENINGKATAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC’, p. 9, 2020.
D. Herawaty, ‘Pengaruh Kecerdasan Emosional, Partisipasi Guru dalam Forum Ilmiah, Keyakinan Diri (Self Efficacy), dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Matematika’, J. Rev. Pembelajaran Mat., vol. 1, no. 1, pp. 71–85, Jul. 2016, doi: 10.15642/jrpm.2016.1.1.71-85.
A. O. Akinbobola and F. Afolabi, ‘Analysis of Science Process Skills in West African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examinations in Nigeria’, p. 7, 2010.
S. Sowanto, M. Mutmainnah, H. A. Saputra, and A. Andang, ‘KEMAMPUAN SELF-EFFICACY MAHASISWA MELALUI BAHAN AJAR METODE STATISTIKA MENGGUNAKAN HYBRID LEARNING PADA TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0’, SUPERMAT J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, pp. 65–73, Dec. 2019, doi: 10.33627/sm.v3i2.245.
M. Irfan, ‘PENGARUH PENGALAMAN KERJA TERHADAP SELF EFFICACY KARYAWAN’, p. 40.
D. Herawaty, ‘Pengaruh Kecerdasan Emosional, Partisipasi Guru dalam Forum Ilmiah, Keyakinan Diri (Self Efficacy), dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Matematika’, J. Rev. Pembelajaran Mat., vol. 1, no. 1, pp. 71–85, Jul. 2016, doi: 10.15642/jrpm.2016.1.1.71-85.