ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS III MIS PALAMA KOTA BIMA

  • Kiki Afriani Putri Prodi PGMI STIT Sunan Giri Bima
  • Irma Indriani STIT Sunan Giri Bima
Keywords: Analisis Media, Pembelajaran IPA

Abstract

This research aims to find out what media is used by an educator in science subjects and specifically focuses on the characteristics of living things. The approach used in this research is qualitative, descriptive in nature, data collection was carried out using interview techniques. The interview technique used was interviewing class III science subject teachers at MIS Palama. The next activity is that the data is processed using data reduction, data display, and drawing conclusions/verification. The research results showed that at MIS Palama there were very minimal school facilities and infrastructure so that teaching and learning activities were not effective and efficient.

References

Alkhadad Feri Zulherman, “Analisis Kebutuhan Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod”, Jurnal Ilmial Pendidikan Dan Pembelajaran 5 No 3, Tahun 2021, Hal. 419
Asyhari, A. & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5 (1).
Eka Novita Sari, Elis Setiawati, “Pengaruh Model Kooperatif Learning Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Mengalisisis Materi Sejarah”, Jurnal Swanadwipa, Vol. 1 No. 1 Thn. 2017 Hlm. 29
Indriani, irma. Analisis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Mahasiswa pada Materi Pokok Kerusakan Lingkungan Hidup, Fashluna: Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan. Vol.2 No 1. Tahun 2021.
Kanisius Supardi, “Media Visual Dan Pembelajaran IPA”, Di Akses Pada 19 Februari Tahun 2023
Lia Portanata Dkk, “Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA SD” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa 3 No 1 Tahun 2017, Hal. 341
M.Miftah, “Fungsi Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa”, Jurnal Kwangsan, Vol. 1 No. 2 Thn. 2013 Hal. 98
M. Miftah Arief, “Media Pembelajaran IPA Di Sd/Mi (Tujuan Penggunaan, Fungsi, Prinsip Pemilihan, Penggunaan,Dan Jenis Media Pembelajaran)” , Jurnal Online Tarbiyah Darussalam 5 No 1 Tahun 2021, Hal. 14
Muhammad Rijal Fadli,”Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif”, Jurnal Humanika 21 No 1, Tahun 2021, Hal.35-36
Naz, A. A. & Akbar R. Al. (2008). Use of Media for Effective Instruction its Importance: Some Consideration. Jurnal of Elementary Education,18 (1-2).
Ni Luh Putu Sintia Dewi,Ida Bagus Surya Manuaba, “Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD”, Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 5 No 1, Tahun 2021 ,Hal. 77
Rahman, A.Z. Dkk. Media Pembelajaran Ipa Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. 2017
Taufiq. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Konservasi Berpendekatan Science Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. (2)
Wahyu, Y., Edu, A., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1). pp. 107-112
Published
2023-12-27
How to Cite
Putri, K., & Indriani, I. (2023, December 27). ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS III MIS PALAMA KOTA BIMA. JEMARI : Jurnal Edukasi Mahasiswa Sunan Giri Bima, 1(2), 57-63. Retrieved from https://ejournal.stitbima.ac.id/index.php/jemari/article/view/545
Section
Articles