MEMBACA PERAN KESALEHAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI DESA O’O, BIMA

  • Elisa Elisa STIT Sunan Giri Bima
  • Muhammad Irfan STIT Sunan Giri Bima
  • Irma Indriani STIT Sunan Giri Bima
Keywords: Kesalehan, orang tua, kecerdasan emosional, EQ, Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana peran kesalehan orang tua terhadap kecerdasan emosional anak di Desa O’o Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, sampling, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukan bahwa lingkungan keluarga mempunyai peran yang besar terhadap nilai-nilai kecerdasan emosional anak. Lingkungan keluarga yang baik akan menghasilkan anak yang baik, begitu pula sebaliknya lingkungan keluarga yang kurang baik hasilnya tidak akan baik. Dari pendidikan keluarga tersebut Seorang anak sudah saling menghargai satu sama lain. Dampak dari efektivitas pendidikan keluarga yang telah diberikan oleh orang tua berpengaruh positif dalam perubahan kecerdasan emosional anak, seperti hal nya perubahan sikap, tutur kata, perilaku yang baik serta saling menghargai satu sama lain. perubahan positif yang terjadi menunjukan dampak pendidikan keluarga. Salah satu yang menjadi faktor penghambat peran kesalehan orang tua yaitu kurangnya perhatian orang tua dikarenakan orang tua sibuk dengan urusannya masing-masing, gedget dan faktor lingkungan. Peran orang tua menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan dalam pengembangan emosi anak. Keadaan emosianal anak di Desa tersebut telah cukup baik dalam membina hubungan sosial, empati dan motivasi diri. Akan tetapi mereka belum dapat mengenali dan mengendalikan emosi diri dengan baik. Faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak adalah wawasan dan pengalaman orang tua, dukungan anggota keluarga yang lain, dan lingkungan pendidikan bagi anak.

References

Azzet, Akhmad Muhaimin. “Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak” (2022).
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Diterbitkan atas kerjasama Penerbit Bumi Aksara, Jakarta dengan Direktorat …, 1992.
Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2020). Accessed September 25, 2024. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855.
Djaali, Haji. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara, 2023. Accessed September 25, 2024. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=pOmoEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Psikologi+Pendidikan&ots=W-N9anxhoC&sig=1n873FuuDT1eTYKQypoLQvq5awU.
González, Miguel Romero, Mireia Primé-Tous, Eva Varela Bondelle, Antonio Vázquez-Morejón, Pilar Santamarina, Astrid Morer, and Luisa Lázaro. “Parents’ Emotional Intelligence and Their Children’s Mental Health: A Systematic Review.” Journal of Psychiatry and Psychiatric Disorders 5, no. 2 (2021): 58–75.
Hasanuddin, A. H. Cakrawala Kuliah Agama. Al-Ikhlas, Surabaya, 1982.
Heryana, Ade. “Buku Ajar” (n.d.). Accessed September 25, 2024. https://www.academia.edu/download/63613341/Ade_Heryana_Modul_Pengajaran_Metodologi_Penelitian_Kuantitatif_Kesehatan_Rev13062020.pdf.
Ibrahim, Nana Sudjana, and Nana Sudjana. “Penelitian Dan Penilaian Pendidikan.” Bandung: Sinar Baru Algesindo (2001).
Irfan, Muhammad. “PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH SURABAYA DALAM MENGHADAPI GELOMBANG MODERNISASI.” Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan 8, no. 1 (2017). Accessed September 25, 2024. http://www.ejournal.stitbima.ac.id/index.php/fitrah/article/view/164.
Latipah, Eva. “Pengantar Psikologi Pendidikan.” Yogyakarta: Pedagogia (2012).
Lestari, Sri. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai Dan Penanaman Konflik Dalam Keluarga. Prenada Media, 2016. Accessed September 30, 2024. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=4VDODwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Sri+lestari,+psikologi+keluarga:penanaman+nilai+dan+penanganan+dalam+keluarga&ots=Tgq_OAZw2m&sig=R3dE5S9jXYoPddWmxrL7sw1HN8g.
Meriyati, Meriyati. “Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak.” KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) 1, no. 1 (2018): 29–34.
Mohammad, Sochib. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri.” Rineka Cipta (2000).
Nurtiani, Ayi Teiri, and Cahya Murniati. “Dampak Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Jasa Bunda Aceh Besar.” Jurnal Buah Hati 5, no. 1 (2018): 14–20.
Rahmawati, Ulfah. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri: Studi Terhadap Kegiatan Keagamaan Di Rumah Tahfizqu Deresan Putri Yogyakarta.” Jurnal penelitian 10, no. 1 (2016): 97–124.
Ridwani, M. Ulfie Agits, and Endan Hamdan Ridwan. “Pendidikan Islam Dalam Mengolah Moralitas.” Al-Abqary: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Pendidikan Islam 1, no. 01 (2024): 63–81.
Soyomukti, Nurani, and Rose Kusumanigrati. “Teori-Teori Pendidikan: Tradisional, Liberal, Marxis-Sosialis, Postmodern” (2013).
Sugiyono, Prof. “Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.” Alpabeta, Bandung 62 (2011): 70.
Syamsir, Torang. “Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi).” Bandung: Alfabeta 86 (2014).
Wijayanto, Arif. “Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 4, no. 1 (2020): 55–65.
Published
2024-06-27
How to Cite
Elisa, E., Irfan, M., & Indriani, I. (2024, June 27). MEMBACA PERAN KESALEHAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI DESA O’O, BIMA. JEMARI : Jurnal Edukasi Mahasiswa Sunan Giri, 2(1), 39-49. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/jemari.v2i1.811
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>